AS Cemas, Tiongkok Perbarui Pangkalan Militer Kamboja

Sabtu, 11 Juni 2022 21:00 WIB

Share
Amerika Serikat versus Tiongkok.
Amerika Serikat versus Tiongkok.

KAMBOJA, POSKOTA.CO.ID - Tiongkok dan Kamboja memulai kerja sama memperbarui pangkalan angkatan laut terbesar negara Asia Tenggara itu.

Pangkalan angkatan laut di Ream Phnom Penh ini membuat khawatir Amerika Serikat karena pengaruh Tiongkok yang kian besar di kawasan.

"Sebagai pilar kekuatan kemitraan sekuat baja, kerja sama militer Tiongkok-Kamboja merupakan kepentingan mendasar dari kedua negara dan rakyatnya," ucap Duta Besar Tiongkok untuk Kamboja Wang Wentian dalam pidato di acara peresmian pembaruan Pangkalan Angkatan Laut Ream seperti dikutip dari Reuters pada Kamis (9/6/2022).

Sementara Kedutaan Besar AS di Phnom Penh mengungkap kekhawatiran mereka atas pembaruan dermaga tersebut.

AS menilai keberadaan militer Tiongkok di Ream dapat mengancam otonomi Kamboja dan merusak keamanan regional."

"Amerika Serikat dan negara-negara di wilayah tersebut telah mengatakan kekhawatiran atas kurangnya transparansi dari tujuan, alam, dan ruang lingkup dari proyek ini, pun peran militer Tiongkok dalam pembangunan dan penggunaan setelah pembangunan fasilitas tersebut," ujar Juru Bicara Kedutaan AS Stephanie Arzate kepada Associated Press.

Menteri Pertahanan Kamboja Tea Banh mengimbau komunitas internasional agar tak terlalu mengambil pusing kerja sama Phnom Penh dan Beijing tersebut.

"Tolong jangan terlalu khawatir dengan pangkalan Ream ini. Dermaga ini sangat kecil dan meski telah diperbarui tak bisa menjadi pelabuhan yang mengancam negara manapun," kata Tea Bahn.

"Kerajaan Kamboja tidak akan mengizinkan pembuatan pangkalan militer asing di wilayah negara ini," lanjutnya.

Tea Bahn juga mengatakan dia telah mengundang perwakilan AS dan beberapa negara lain ke pangkalan itu untuk melihat sendiri tidak ada apapun di sini.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar