ADVERTISEMENT

Selamat Jalan Para Tamu Allah

Jumat, 3 Juni 2022 09:53 WIB

Share
Ibadah haji di Masjidil Haram, Makkah/ (ist)
Ibadah haji di Masjidil Haram, Makkah/ (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Oleh: Tri Haryanti, Wartawati Poskota

LABAIK Allahuma Labaik, Labaik La Syarika Laka Labbaik.... kloter pertama  jemaah haji Indonesia Sabtu ini akan diberangkatkan ke tanah suci Arab Saudi. 

Pemberangkatan jamaah haji ini tentu saja disambut suka cita umat muslim tanah air, setelah  dua tahun tak diberangkatkan akibat pandemi Covid-19.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan, Indonesia akan memberangkatkan 100.051 jemaah haji pada penyelenggaraan haji tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi ini.

Sebelumnya Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief juga sudah melepas 325 petugas haji Indonesia ke Arab Saudi, Rabu (1/6/2022) yang  berasal dari pegawai Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan. Mereka akan memberikan layanan kepada jemaah haji Indonesia.

Namun di tengah suka cita para calon tamu Allah yang akan berangkat ke tanah suci tersebut, muncul informasi soal tambahan anggaran operasional haji reguler dan khusus yang diajukan oleh Menteri Agama sebesar Rp1,5 triliun jelang keberangkatan haji.

Menag Yaqut beralasan, tambahan Rp1,5 triliun itu salah satunya disebabkan ada aturan baru dari Arab Saudi terkait paket layanan di Masyair, baik Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) sebesar Rp1,463 triliun.

Selain itu, ada kekurangan biaya masyair Petugas Haji Daerah (PHD) dan pembimbing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) sekitar Rp9,187 miliar.

Usulan tersebut tentu saja sempat membuat jamaah bingung dan resah, jika mereka harus merogoh kocek lagi untuk membayar ongkos naik haji yang tahun ini sudah lebih dari Rp40 juta .

Sebaiknya pemerintah tidak lagi membebani para tamu Allah ini, agar mereka tenang saat menjalankan rukun Islam yang ke-lima ini.

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT