ADVERTISEMENT

AS Lawan Tiongkok Jalin Aliansi Dengan ASEAN, Ini Kata Pakar

Jumat, 20 Mei 2022 10:00 WIB

Share
AS - ASEAN
AS - ASEAN

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

THAILAND, POSKOTA.CO.ID - Amerika Serikat hendak membangun aliansi dengan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) untuk melawan Tiongkok.

Rencana AS ini disebut sebagai "Strategi Indo-Pasifik".

Pakar Studi ASEAN Yang Baoyun menilai rencana AS ini tidak akan berhasil dilakukan di kawasan tersebut.

ASEAN sejak didirikan menganut sikap kebijakan luar negeri yang netral dan terus berpegang teguh pada posisi tersebut terutama di saat ketegangan geopolitik meningkat.

Hal ini semakin menonjol dengan tindakan AS mengadvokasi persaingan strategis dengan Tiongkok dan perubahan dramatis dalam lanskap keamanan Eropa.

Profesor di Universitas Thammasat Thailand ini dalam wawancara dengan Xinhua baru-baru ini menyebutkan keengganan anggota ASEAN untuk memihak adalah alasan upaya AS membangun aliansi dengan ASEAN untuk melawan Tiongkok akan gagal.

Dia mengatakan pemulihan perekonomian yang terdampak pandemi kini menjadi prioritas dari agenda kebijakan negara-negara ASEAN.

Penjajakan "Kerangka Kerja Ekonomi Indo-Pasifik" AS sempat menarik minat banyak negara ASEAN. Tetapi mereka kecewa karena melihat sedikit kejelasan terkait kerangka kerja tersebut dalam KTT AS-ASEAN yang diadakan di Washington pekan lalu.

ASEAN selama beberapa tahun terakhir prihatin dengan kurangnya perhatian AS ke kawasan itu tanpa keterlibatan ekonomi jangka panjang dan berkelanjutan maupun input keuangan yang memadai dari Washington.

ASEAN juga tidak memiliki pandangan yang serupa dengan AS dalam berbagai isu. Termasuk pendekatan AS untuk menangani urusan regional, kerja sama ekonomi regional, dan hak asasi manusia.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT