Panduan Lengkap Impor Barang dari China ke Indonesia

Jumat, 6 Mei 2022 13:27 WIB

Share
Panduan Lengkap Impor Barang dari China ke Indonesia. (foto: ilustrasi/ist)
Panduan Lengkap Impor Barang dari China ke Indonesia. (foto: ilustrasi/ist)

POSKOTA.CO.ID - China adalah salah satu negara mitra dagang terbesar Indonesia. Selama bertahun-tahun, Indonesia sudah melakukan aktivitas impor berbagai produk dari China.

China dikenal sebagai negara yang mampu memproduksi barang dengan biaya yang rendah tapi dengan kualitas yang layak digunakan. Kemudian, barang yang dihasilkan dapat dijual dengan harga yang terjangkau. Dengan begitu, pebisnis masih bisa mendapatkan untung.

Meningkatnya permintaan barang di situs e-commerce dan platform online membuat banyak orang kemudian melihat peluang bisnis online begitu sangat  menjanjikan. Apabila mendapatkan supplier dari China dan dapat membeli produk berbiaya rendah, maka bisa menjualnya kembali dengan harga lebih tinggi.

Tentu langkah tersebut memang logis dan tidak mustahil. Meski memang harus dilakukan dengan langkah yang benar dan perencanaan matang. 

Untuk Anda yang ingin melakukan impor barang dari China, ada baiknya memahami cara impor dari China guna meminimalisir terjadinya penipuan ataupun barang yang Anda inginkan tidak sesuai.

1. Ketahui Produk Anda

Saat Anda hendak mengimpor barang dari China, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami dan mempelajari produk yang Anda pilih.

“Mengetahui target market produk akan membantu Anda memperkirakan harga jual dan mengetahui seberapa tinggi permintaan pasarnya. Titik awal yang paling baik untuk menentukannya adalah memilih jenis produk yang sesuai dengan minat dan hobi Anda,” demikian ulasan pada laman Natindocargo.

Memilih barang yang banyak dicari di pasaran memang berpotensi mendatangkan lebih banyak keuntungan. Namun akan semakin banyak kompetitornya di sana. Untuk itu, carilah jenis barang yang memiliki sedikit kompetitor.

Apabila Anda memiliki anggaran terbatas, pilihlah jenis produk dengan ukuran kecil agar membantu untuk mengurangi biaya pengiriman secara signifikan.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar