Imbas Kepadatan Jalur Puncak, Polda Metro Tambah Satu Rute Alternatif Menuju Bandung Saat One Way Arus Balik

Jumat, 6 Mei 2022 14:49 WIB

Share
Kondisi jalan jalur wisata Puncak pada sore hari macet total untuk kedua arah, wisatawan tetak saja menyerbu. (Foto: Panca)
Kondisi jalan jalur wisata Puncak pada sore hari macet total untuk kedua arah, wisatawan tetak saja menyerbu. (Foto: Panca)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Antisipasi arus balik, sudah disiapkan sebanyak 4 rute alternatif menuju Bandung saat penerapan one way di masa arus balik.

Terkait imbas kemacetan jalur Puncak, kini Polda Metro Jaya kembali menambah satu rute alternatif untuk dapat menuju Bandung tanpa harus terganggu adanya penerapan one way di Jalur utama.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo mengungkapkan, penambahan rute alternatif menuju Bandung itu dilakukan lantaran situasi lalu lintas (lalin) di kawasan Puncak yang notabene merupakan salah satu rute alternatif, terpantau padat pada beberapa waktu ini.

"Kami sebetulnya menyiapkan ada 5 rute alternatif, pertama adalah lewat Puncak. Namun, memang (sangat) tidak disarankan karena sebenarnya situasi lalin di Puncak tengah padat. Jadi kami tambahkan 1 rute yang mana dari Gerbang Tol (GT) Ciawi pengendara diarahkan ke Sukabumi, kemudian Warung Kondang, Cianjur, dan nanti akan tiba di Bandung," ujar Sambodo, Jum'at (6/5/2022).

Adapun kata mantan Dirbinmas Polda Metro Jaya itu, rute alternatif menuju Bandung yang paling disarankan pihaknya, ialah dengan melalui Jalan Tol Jagorawi dan keluar di GT Cibubur menuju Cileungsi hingga Jonggol.

"Setelah sampai di Jonggol terus ke arah Cianjur, kemudian Padalarang, dan berakhir juga di Bandung. Ini yang paling kita sarankan," kata dia.

Mantan Kapolres Banjar itu melanjutkan, untuk rute alternatif ketiga, pengendara yang akan menuju Bandung dapat melalui jalur Kalimalang yang mengarah ke Kedungwaringin dan Karawang.

"Dilanjutkan ke arah Purwakarta, Wanayasa, Lembang, dan akan sampai juga di Bandung," terang dia.

Untuk rute alternatif menuju Bandung yang terakhir, kata dia, pengendara dapat melalui jalur Kalimalang yang mengarah ke Kedungwaringin, Karawang, Purwakarta menuju ke Sukatani.

"Kemudian dilanjut ke arah Darangdan, Cikalong, Padalarang, dan akan tiba di Bandung," jelas Sambodo.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar