Penganut Islam Aboge Rayakan Idul Fitri
Rabu, 4 Mei 2022 19:00 WIB
Share
Para penganut Islam Aboge merayakan Idul Fitri.

BANYUMAS, POSKOTA.CO.ID - Para penganut Islam Aboge Bonokeling di Desa Pekuncen Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas merayakan Idul Fitri.

Mereka merayakan pada Rabu (4/5/2022). Demikian keterangan dari Ketua Pelestarian Bonokeling Soemitro seperti dikutip dari RRI.

Penganut Islam Aboge mengacu pada hari bukan bulan.

Soemitro menjelaskan yang dimaksud dengan hari mengacu pada perhitungan dari kalender mereka. Yakni kalender Alif Rebo Wage.

Rangkaian kegiatan perayaan Idul Fitri ini ditandai dengan santap bersama.

“Hari ini hitunganya tepat dengan hitungan hari Aboge. Kalau Aboge harus tepat waktu dari hitungan yang sudah dihitung dari awal” ucap Soemitro.

Penganut Islam Aboge melakukan ziarah makam ke leluhur mereka sebelum Syawalan di rumah Kepala Desa di wilayah tersebut.

Mereka juga akan melaksanakan ritual turunan yang rutin diselenggarakan saat musim Ramadan berakhir. Yakni pada hari Jumat pekan depan atau 23 Mei 2022.

Karena itu Soemitro sangat mengapresiasi pelonggaran mudik. Dengan pelonggaran mudik maka ritual adat dapat kembali terlaksana usai 2 tahun pandemi lalu tidak melaksanakan ritual secara bersama-sama.

“Ya cukup apresiasi karena kini keturunan kami dapat berkumpul dan dapat melaksanakan ritual seperti turunan yang jatuh Jum’at minggu depan,” pungkas Soemitro. ***