ADVERTISEMENT

Telur Paskah Bernada Patriotik Dilukis Anak-Anak Ukraina

Sabtu, 23 April 2022 18:00 WIB

Share
Pelajaran melukis telur Paskah untuk anak-anak dari keluarga pengungsi.
Pelajaran melukis telur Paskah untuk anak-anak dari keluarga pengungsi.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

UKRAINA, POSKOTA.CO.ID - Anak-anak di Kyiv, termasuk pengungsi dari bagian lain negara itu, menghias telur Paskah tradisional Ukraina pada hari Jumat (22/4/2022).

Tetapi tahun ini mereka mengambil nada yang lebih patriotik.

“Banyak orang sedikit menyimpang dari tradisi, tidak menggambar lukisan biasa seperti bintang, bunga,” kata Mariya Poshyvailo yang bekerja di Museum Nasional Pusat Kebudayaan Rakyat Ivan Honchar seperti dikutip dari Reuters.

“Sebaliknya, mereka ingin menggambar sesuatu yang terkini, seperti simbol trisula Ukraina, atau menulis slogan seperti “Mulialah Ukraina”, “Mulialah Para Pahlawan”. Apa yang dekat dengan mereka.”

Bohdana yang berusia sembilan tahun dievakuasi dari wilayah Chernihiv, Ukraina utara, yang menderita akibat aktivitas militer Rusia yang berat.

Menjelang Paskah Ortodoks pada 24 April, dia mengecat telurnya dengan warna oranye dan emas. "Ini adalah kelanjutan hidup... kebahagiaan," katanya.

Telur “Pysanky” dihiasi dengan lilin lebah dan pewarna akan dibawa ke alun-alun Maidan di Kyiv pada peringatan untuk "Seratus Surgawi". Ini sebuah referensi ke lebih dari 100 pengunjuk rasa yang ditembak mati dalam pemberontakan Maidan yang menggulingkan Presiden Viktor Yanukovich pada 2014.

“Ini pertama-tama adalah simbol kehidupan,” kata Tetyana Poshyvaylo, Wakil Kepala Museum Ivan Honchar.

“Saya memegang inti dari ini, lahirnya kehidupan. Itu selalu menguatkan kami dan merupakan amulet rumah.”

Kepala gereja Ortodoks Ukraina meminta pastor dan umat beriman pada pekan ini untuk menghindari perayaan Paskah malam hari di wilayah negara yang terkena dampak pertempuran karena khawatir pemboman Rusia akan berlanjut selama periode Paskah Ortodoks. ***

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT