ADVERTISEMENT

Warga Negeri Hila Sudah Rayakan Idul Fitri

Minggu, 1 Mei 2022 15:00 WIB

Share
Warga Negeri Hila melaksanakan Salat Idul Fitri.
Warga Negeri Hila melaksanakan Salat Idul Fitri.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

MALUKU TENGAH, POSKOTA.CO.ID - Ratusan warga Negeri Hila, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah melaksanakan Salat Idul Fitri 1443 Hijriah.

Salat Idul Fitri berlangsung pada Minggu (1/5/2022).

Khatib Masjid Hasan Sulaiman Hila menyebutkan perhitungan bulan penentuan satu Ramadan hingga satu Syawal ini adalah ajaran atau turun temurun dari orang tatua dulu.

“Perhitungan Hijriah menurut bulan. Jadi kita punya kalender Hijriah itu dari awal tidak pernah salah. Kalendernya memang ada,” kata Khatib Hila Abdul Kadir Ollong usai salat Idul Fitri pada Minggu (1/5/2022) seperti dikutip dari Antara.

Selain itu salat dilakukan secara terpisah antara perempuan dan laki-laki.

Salat laki-laki dilakukan di masjid tua yakni masjid Hasan Sulaiman. Sementara perempuan salat di tiap-tiap rumah adat. Seperti rumah adat Ollong, rumah adat Lating, dan rumah Launuru.

“Iya perempuan tidak bisa campur dengan laki-laki. Karena di sini adatnya begitu, perempuan tidak bisa gabung. Itu tersendiri,” kata Abdul Kadir Ollong.

Selain terpisah, perempuan diwajibkan melaksanakan salat lebih dulu pada pukul 07.00 WIT sebelum laki-laki.

“Mereka salat duluan supaya imamnya ke sini. Imamnya salat dua kali. Pimpin perempuan baru pimpin laki-laki. Mereka duluan untuk siapkan makanan, tradisinya begitu. Mereka tidak pakai dengar khotbah itu tidak mengapa,” terangnya.

Sebelum warga laki-laki Hila ini melakukan salat di masjid tua, mereka membawa wadah yang berisikan siri pinang hingga ke dalam masjid.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT