ADVERTISEMENT

Perwira Tinggi Militer AS Perkirakan Perang Ukraina Berlangsung Lama

Kamis, 7 April 2022 16:30 WIB

Share
Mark Milley
Mark Milley

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

AS, POSKOTA.CO.ID - Perang di Ukraina kemungkinan akan berlangsung bertahun-tahun sehingga meningkatkan kekhawatiran bahwa dunia menjadi lebih tidak stabil dan potensi konflik internasional antara kekuatan-kekuatan besar akan meningkat.

Peringatan ini datang dari Panglima Militer Amerika Serikat dalam rapat dengar pendapat di depan Komite Angkatan Bersenjata DPR pada Selasa (5/4/2022).

Ketua Gabungan Kepala Staf Jenderal Mark Milley menyebut invasi Rusia ke Ukraina sebagai ancaman terbesar bagi perdamaian dan keamanan Eropa dan kemungkinan dunia.

Dia mengaku bahwa peristiwa ini dia saksikan dalam 42 tahun berkarir di dunia militer.

“Amerika Serikat berada pada titik perubahan geostrategis yang sangat kritis dan bersejarah. Kita perlu mengupayakan strategi yang jernih, menjaga perdamaian dengan kemampuan kekuatan yang tidak ambigu dibandingkan dengan China atau Rusia,” kata Mark Milley.

Dia mengacu pada dua potensi ancaman militer teratas bagi Amerika Serikat.

Mark Milley memberikan jawaban ketika ditanya anggota kongres mengenai apa yang bisa menghentikan Presiden Rusia Vladimir Putin menyerang Ukraina.

Dia mengatakan satu-satunya pertahanan yang mungkin adalah menempatkan pasukan AS di Ukraina.

Namun hal ini tidak akan dia sarankan karena akan berisiko munculnya konflik bersenjata antara AS dengan Rusia.

"Terus terang, terlepas dari komitmen pasukan militer AS ke Ukraina, saya tidak yakin Putin dapat dicegah. Ini telah menjadi tujuan jangka panjangnya sejak bertahun-tahun lalu,” kata Mark Milley.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT