Duh! Hari Ketiga Puasa, Harga Sembako di Pasar Koja Melambung
Rabu, 6 April 2022 15:57 WIB
Share
Edi Santoso pemilik toko Kelontong di Pasar Koja Baru, mengatakan peningkatan harga sudah mulai terjadi untuk bahan pokok masyarakat(6/4/2022). (cr06)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Melambungnya harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat di bulan puasa sudah menjadi hal yang lumrah bagi pedagang dan pembeli di Pasar Koja Baru, Koja, Jakarta Utara.

Salah satu penjual sembako yang ada di Pasar Koja Baru, Edi Santoso mengatakan kenaikan harga sembako seperti terigu, gula pasir, dan kacang mede sudah terjadi dari dua bulan yang lalu.

"Satu ya minyak terutama, terus mentega, terigu, dan gula udah naek dari februari udah mulai ada peningkatan. Naiknya bertahap dari Rp9000 sekarang jadi Rp11000 untuk terigu, gula Rp13000 jadi Rp15000,” ujarnya di toko kelontong miliknya (6/4/2022).

Untuk minyak goreng, Edi membeberkan saat ini masyarakat sudah jarang mencari barang langka tersebut, hal tersebut terjadi karena menurutnya sebagian konsumen sudah tahu kalau harga minyak goreng masih tinggi.

“Peminatnya udah mulai berkurang, karena mereka masih berpikir harganya masih yang lama, jadi ya kendalanya begitu,” sambung Edi.

Edi mengaku untuk tahap final terjadinya nekaikan harga sembako di Pasar Koja Baru biasanya H-15 sebelum Hari Raya Idulfitri 1443 H mendatang, dikarenakan sejumlah produsen sudah mulai libur beroperasi.

“Ya kadang-kadang pabrik udah mulai tutup juga libur gitu kan, jadi H-14 lebaran jadi mereka udh pada tutup. Barangnya jadi sulit juga dapetnya,” tandasnya. (cr06)