ADVERTISEMENT

Pejabat AS: Putin Tampaknya Tidak Siap Berkompromi dengan Ukraina

Selasa, 29 Maret 2022 14:26 WIB

Share
Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: Twitter)
Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: Twitter)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

AMERIKA SERIKAT, POSKOTA.CO.ID – Seorang pejabat Amerika Serikat mengungkapkan bahwa Presiden Rusia Vladimir tampaknya tidak siap untuk berkompromi dengan Ukraina pada Selasa (29/3/2022).

Saat ini Rusia dan Ukraina sedang mempersiapkan pembicaraan damai secara tatap muka mereka. Rencananya, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memfasilitasi pertemuan tersebut di Istanbul.

"Semua yang saya lihat adalah dia (Putin) tidak mau berkompromi pada saat ini," kata pejabat senior Departemen Luar Negeri AS dengan syarat anonim, dikutip dari Reuters.

 

"Jadi, seberapa jauh kita mencoba menawarkan dia jalan yang melemahkan kedaulatan Ukraina dan keputusan yang harus dibuat oleh Presiden (Ukraina) (Volodymyr) Zelensky, saya tidak memiliki pandangan yang baik," kata pejabat AS itu.

Pejabat Ukraina mengecilkan peluang terobosan besar pada pembicaraan, yang akan diadakan di Istanbul setelah Presiden Turki Tayyip Erdogan berbicara dengan Putin pada hari Minggu (27/3).

Ukraina siap untuk membahas mengadopsi status netral sebagai bagian dari kesepakatan damai dengan Rusia. Akan tetapi, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky minta pakta seperti itu harus dijamin oleh pihak ketiga dan dimasukkan ke dalam referendum.

Sebelumnya, otoritas Moskow melarang media Rusia untuk menerbitkan wawancaranya selama 90 menit dengan Zelensky.

Adapun, Zelensky mengatakan tidak ada kesepakatan damai yang mungkin terjadi tanpa gencatan senjata dan penarikan pasukan.

Dia mengesampingkan upaya untuk merebut kembali semua wilayah yang dikuasai Rusia dengan paksa, dengan mengatakan itu akan mengarah pada perang dunia ketiga.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT