ADVERTISEMENT

Vladimir Putin Berencana Hadiri KTT G20 di Bali

Kamis, 24 Maret 2022 17:00 WIB

Share
Vladimir Putin
Vladimir Putin

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

POSKOTA.CO.ID - KTT G20 di Bali pada akhir tahun ini nantinya akan dihadiri Presiden Rusia Vladimir Putin.

Vladimir Putin mendapatkan dukungan dari Beijing pada Rabu (23/3/2022) yang berlawanan dengan seruan beberapa anggota G20 untuk mendepak Rusia dari kelompok tersebut.

AS dan sekutu Barat sedang mengevaluasi kepesertaan Rusia dalam Kelompok Dua Puluh negara ekonomi arus utama ini usai invasinya ke Ukraina menurut sumber yang terlibat dalam diskusi itu kepada Reuters.

Namun setiap tawaran untuk mengecualikan Rusia kemungkinan akan diveto negara lain dalam kelompok itu. Bahkan meningkatkan kemungkinan bahwa sejumlah negara malah memilih untuk pertemuan G20.

Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva mengatakan bahwa Vladimir Putin bermaksud melakukan perjalanan ke Bali untuk KTT G20 pada bulan November mendatang.

"Itu akan tergantung pada banyak hal. Termasuk situasi COVID-19 yang semakin baik. Sejauh ini niatnya adalah dia ingin," kata Lyudmila Vorobieva.

Ketika ditanya tentang kemungkinan Rusia dapat dikeluarkan dari G20, dia mengatakan bahwa kelompok itu adalah forum untuk membahas masalah ekonomi dan bukan krisis seperti Ukraina.

"Tentu saja pengusiran Rusia dari forum semacam ini tidak akan membantu menyelesaikan masalah ekonomi ini. Sebaliknya, tanpa Rusia akan sulit untuk melakukannya."

Kementerian Luar Negeri menolak mengomentari seruan agar Rusia dikeluarkan dari G20.

Rusia meluncurkan invasi ke Ukraina pada 24 Februari 2022.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT