ADVERTISEMENT

Australia Hadang Tiongkok Dengan Meluncurkan Komando Antariksa

Rabu, 23 Maret 2022 22:00 WIB

Share
Peter Dutton
Peter Dutton

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

AUSTRALIA, POSKOTA.CO.ID - Komando Antariksa diluncurkan Pemerintah Australia pada Selasa (22/3/2022).

Ini sebuah badan pertahanan baru mirip Komando Pasukan Antariksa Amerika Serikat yang ditugaskan untuk mengamankan wilayah luar angkasa negara itu.

Menteri Pertahanan Peter Dutton mengatakan pembangunan cabang pertahanan baru itu akan dimulai secara sederhana.

Dia tidak mengungkapkan bagaimana rincian stafnya atau seberapa besar anggarannya.

Dalam pidatonya kepada Angkatan Udara Australia, dia mengatakan antariksa "tidak diragukan lagi akan menjadi wilayah yang memerlukan pengawasan militer yang lebih besar pada abad ini."

"Antariksa semakin padat dan sudah diperebutkan, terutama karena batas antara persaingan dan konflik menjadi semakin kabur karena kegiatan-kegiatan yang tidak jelas," kata Peter Dutton seperti dikutip dari AFP.

Dia memosisikan Komando Antariksa sebagai penentang yang jelas terhadap ambisi militer luar angkasa Tiongkok dan Rusia.

Peter Dutton dalam pidatonya menggambarkan kedua negara itu memandang antariksa sebagai wilayah yang harus dikuasai mereka dan bukan untuk dibagi.

Komando Antariksa akan dipimpin oleh Laksamana Muda Cath Roberts. Dia seorang penggemar sains fiksi. Nantinya dia akan mengawasi sebuah tim yang direkrut dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara Australia, serta kontraktor-kontraktor swasta.

Peter Dutton mengatakan badan tersebut pada awalnya akan sederhana tetapi menambahkan bahwa Australia akan membutuhkan Pasukan Antariksa pada masa depan.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT