ADVERTISEMENT

Impor Senjata Eropa Mengalami Peningkatan

Senin, 14 Maret 2022 20:30 WIB

Share
Produk pabrik senjata (Ilustrasi)
Produk pabrik senjata (Ilustrasi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

POSKOTA.CO.ID - Pengiriman senjata ke Eropa melonjak di tengah memburuknya hubungan dengan Rusia dalam periode 2016-2021.

Lonjakan itu terjadi bahkan ketika perdagangan senjata global melambat. Demikian disampaikan Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI) pada Senin (14/3) seperti dikutip dari Reuters.

SIPRI dalam pernyataan menyebutkan transfer internasional senjata utama turun 5 persen secara global dibandingkan dengan periode lima tahun sebelumnya.

Namun impor ke negara-negara di Eropa malah meningkat 19 persen, pertumbuhan terbesar di kawasan dunia mana pun.

“Kemerosotan parah dalam hubungan antara sebagian besar negara Eropa dan Rusia merupakan pendorong penting pertumbuhan impor senjata Eropa, terutama bagi negara-negara yang tidak dapat memenuhi semua kebutuhan mereka melalui industri senjata nasional mereka,” kata peneliti SIPRI Pieter Wezeman.

Dia menyebutkan Inggris, Norwegia, dan Belanda adalah importir senjata terbesar Eropa.

Impor senjata utama Ukraina sangat terbatas pada periode tersebut meskipun ketegangan antara negara tersebut dengan Rusia sudah terjadi menjelang invasi Moskow ke negara itu pada bulan lalu.

“Negara-negara Eropa lainnya juga diperkirakan akan meningkatkan impor senjata mereka secara signifikan selama dekade mendatang, setelah baru-baru ini memesan senjata utama. Khususnya pesawat tempur dari AS,” kata SIPRI.

Amerika Serikat (AS) tetap menjadi pengekspor senjata terbesar di dunia. Pangsa pasarnya meningkat dari 32 persen menjadi 39 persen.

Data SIPRI itu menggunakan pada informasi dan perkiraan transfer senjata internasional.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT