ADVERTISEMENT

Josep Borrell: Kami Keliru Janjikan Keanggotaan NATO Pada Ukraina

Senin, 14 Maret 2022 16:00 WIB

Share
Josep Borell
Josep Borell

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

POSKOTA.CO.ID - Barat melakukan kesalahan dengan menjanjikan keanggotaan NATO kepada Ukraina.

Pernyataan ini disampaikan Ketua Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell.

"Kami menawarkan hal-hal yang tidak dapat kami jamin terutama keanggotaan Ukraina di NATO. Ini tidak akan pernah terealisasi. Saya pikir itu adalah kesalahan untuk membuat janji yang tidak bisa kita tepati," kata Josep Borrell dalam sebuah wawancara dengan TV LCI seperti dilaporkan FNA pada Sabtu (12/3/2022).

Dia mengakui bahwa Barat melakukan kesalahan dalam menjalin hubungan dengan Rusia.

"Kami telah kehilangan kesempatan untuk mendekatkan Rusia kepada Barat untuk mencegah serangan ke Ukraina,” ucap Josep Borrell.

Josep Borrell ketika dalam wawancara dengan France Info pada Kamis (10/3/2022) juga berbicara mengenai isu-isu seperti kondisi yang ada terkait hubungan Uni Eropa dengan Rusia mengingat krisis Ukraina dan represi sanksi Barat.

Dia mengakui Uni Eropa telah melakukan semampunya untuk menjatuhkan sanksi terhadap Rusia dan tidak mampu melakukan lebih dari ini.

Dia mengatakan,"Terkait sanksi finansial, Anda dapat melangkah lebih jauh tetapi kami saat ini sampai pada titik di mana kami tidak mampu melanjutkan langkah ini.”

“Kami telah melakukan semua yang kami bisa," pungkas Josep Borell. ***

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT