Pejabat Taiwan: Taiwan Terinspirasi Pertempuran Ukraina Melawan Rusia

Kamis, 10 Maret 2022 21:52 WIB

Share
Joseph Wu
Joseph Wu

TAIWAN, POSKOTA.CO.ID - Pertempuran Ukraina melawan Rusia telah menginspirasi rakyat Taiwan.

Pernyataan ini datang dari Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu mengatakan pada hari Senin (7/3/2022) saat dia mengumumkan jutaan dolar bantuan untuk pengungsi Ukraina. Demikian dikutip dari Majalla dan Reuters.

"Meskipun mengalami kesulitan besar, pemerintah dan rakyat Ukraina telah berjuang dengan keberanian dan tekad yang luar biasa," kata Joseph Wu pada konferensi pers.

"Izinkan saya mengatakan ini dari lubuk hati saya. Anda telah menjadi inspirasi bagi rakyat Taiwan dalam menghadapi ancaman dan paksaan dari kekuasaan otoriter."

Taiwan memiliki pemerintahan sendiri. Tetapi diklaim Tiongkok yang telah berjanji untuk membawa pulau itu kembali di bawah kendalinya dengan paksa jika perlu.

Sementara beberapa orang telah menarik kesejajaran antara penderitaan Ukraina yang mencoba untuk menangkis invasi pasukan Rusia dengan Taiwan yang menghadapi ancaman invasi pasukan Taiwan.

Tiongkok menolak perbandingan dengan mengatakan Taiwan selalu menjadi bagian dari Tiongkok.

Taiwan juga mengatakan situasi pulau itu secara fundamental berbeda dengan merujuk penghalang alami Selat Taiwan yang memisahkannya dari Tiongkok.

Di samping itu Taiwan memiliki peran kunci dalam rantai pasokan semikonduktor global.

Taiwan telah meningkatkan tingkat kewaspadaannya sejak perang di Ukraina dimulai. Tetapi mereka melaporkan tidak ada gerakan militer yang tidak biasa oleh Tiongkok.

Halaman
Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar