ADVERTISEMENT

Jangan Lupa, Baca Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun yang Diucapkan Nabi Muhammad SAW di Penghujung Tahun 2021

Jumat, 31 Desember 2021 21:09 WIB

Share
Ilustrasi berdoa dan meminta kepada Allah SWT. (Foto/pixabay)
Ilustrasi berdoa dan meminta kepada Allah SWT. (Foto/pixabay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

POSKOTA.CO.ID - Tahun 2021 tinggal menghitung jam lagi, dan tahun 2022 dimulai pada pukul 00:00 nanti malam. Memasuki awal tahun setiap memiliki harapan yang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

Sebagai umat manusia tak akan lepas dari usaha disertai doa kepada Allah SWT. Doa agar tahun 2022 lebih baik dari tahun sebelumnya, dengan amalan baik yang bisa dilakukan, khususnya bagi umat muslim.

Tak hanya dirayakan dengan pesta kembang api atau kumpul keluarga, merayakan pergantian tahun juga bisa dilakukan dengan membaca doa akhir tahun dan doa awal tahun.   

Meski tidak wajib, memanjatkan doa ini dianjurkan dibaca pada saat momen pergantian tahun.

Tentunya, doa yang diucapkan mewakili harapan untuk mendapatkan kehidupan, kesehatan dan peruntungan yang lebih baik di tahun depan.

Bacaan doa akhir tahun dan awal tahun ini biasanya diamalkan saat pergantian tahun hijriah.

Tetapi tidak ada salahnya, doa dibaca saat pergantian tahun masehi.

Berikut amalan doa warid yang dianjurkan Rasulullah SAW untuk dibaca akhir tahun yang dilansir dari NU Jabar.

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berrarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT