ADVERTISEMENT

Survei SMRC: Ganjar Pranowo Bayangi Prabowo Subianto di Posisi Teratas Pilihan Rakyat Untuk Calon Presiden

Rabu, 29 Desember 2021 02:50 WIB

Share
Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah.
Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Survei SMRC menu jukkan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo, bersaing ketat. Ganjar Pranowo membayangi Prabowo di posisi teratas, pilihan rakyat untuk capres, jika pemilihan dilakukan sekarang,

 

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Survei SMRC menu jukkan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo bersaing ketat. Ganjar Pranowo membayangi Prabowo di posisi teratas pilihan rakyat untuk capres  jika pemilihan dilakukan sekarang.

Temuan survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk “Prospek Partai Politik dan Calon Presiden: Kecenderungan Perilaku Politik Pemilih Nasional” yang dirilis secara online pada Selasa,  (28/12/2021).

Survei SMRC ini dilakukan pada 8-16 Desember 2021 melalui tatap muka atau wawancara langsung. Jumlah sample awal 2420 yang dipilih secara acak (multistage random sampling) dari seluruh populasi Indonesia yang berumur minimal 17 tahun atau sudah menikah.

Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 2062 atau 85%. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 2,2 % pada tingkat kepercayaan 95% (asumsi simple random sampling).

"Pak Prabowo dengan Pak Ganjar itu berimbang Pak Prabowo memperoleh 19,7 persen pak Ganjar 19,2 persen," kata Direktur Eksekutif SMRC Sirojuddin Abbas dalam paparannya secara daring, Selasa (28/12/2021).

Sementara di urutan selanjutnya, ada nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan perolehan elektablitas 13,4 persen. "Anies jauh di bawahnya kurang lebih lima persen di bawah Pak Ganjar yaitu 13,5 persen," katanya.

Sementara di urutan ke empat ada nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan angka 3,7 persen. Kemudian disusul Menparekraf Sandiaga Uno dengan angka 3,5 persen.  "Disusul Pak Ridwan Kamil 3,3 persen dan Basuki Tjahja Purnama 3 persen," tuturnya.

Adapun nama lain dalam elektabilitas capres simulasi semi terbuka tersebut, yakni Muhaimin Iskandar 2 persen.  

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT