ADVERTISEMENT

Hasil Survei PRC Bandingkan Elektabilitas Ganjar Pranowo, Prabowo dan Anies, Siapa Paling Moncer?

Senin, 15 November 2021 16:12 WIB

Share
Ganjar Pranowo dianggap jadi calon kuat Capres. (foto: ist)
Ganjar Pranowo dianggap jadi calon kuat Capres. (foto: ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Politika Research & Consulting (PRC) merilis hasil survei terkait elektabilitas sejumlah tokoh yang menjadi calon kuat maju di Pilpres 2024.

Dalam hasil survei, elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menurun sedangkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus naik, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih masih di bawah keduanya sebagai calon presiden atau Capres potensial menuju Pilpres 2024.

"Di puncak klasemen, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan masih mendominasi di tiga ranking teratas," ujar Direktur Eksekutif PRC, Rio Prayogo, dalam konferensi pers daring pada Senin, (15/11/2021). 

PRC memberikan pertanyaan terbuka kepada responden terkait sosok calon presiden paling layak. Hasilnya, Prabowo menempati posisi pertama dengan 14,7 persen, diikuti Ganjar Pranowo 11 persen, dan Anies 7,7 persen.

Rio Prayogo menyebut PRC melakukan survei dengan simulasi 21 nama, hasilnya Prabowo masih menempati posisi pertama dengan 21,1 persen, Ganjar 20,5 persen, dan Anies 13,6 persen.

Begitu pula pada segmen pemilih muda, Prabowo menempati posisi teratas dengan 13,2 persen, Ganjar 12,2 persen, dan Anies 8,9 persen.

Survei ini dilakukan pada pada 8 Oktober-4 November 2021. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan total responden sebanyak 1.220 orang.

Sedangkan toleransi kesalahan atau margin of error sekitar 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka.

Rio memaparkan Ganjar mengalami peningkatan elektoral dibanding survei sebelumnya. Dia menilai peningkatan itu terjadi karena tekanan yang sempat dialami Ganjar di kalangan internal partai.

"Tapi Ganjar mengalami peningkatan elektoral yang cukup signifikan. Nah ada hal menarik dimana ketika dorongan dari internal terhadap Ganjar itu tidak sejalan dengan persetujuan masyarakat terhadap Ganjar," ucapnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT