ADVERTISEMENT

Dubai Expo 2020, Kemenkeu RI Ingin Perkuat Hubungan dengan Uni Emirat Arab

Jumat, 24 Desember 2021 10:03 WIB

Share
Duta Besar Husin Bagis dalam acara Dubai Expo 2020/Foto: kemenkeu
Duta Besar Husin Bagis dalam acara Dubai Expo 2020/Foto: kemenkeu

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Dalam acara Pekan Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) yang diselenggarakan dari tanggal 21-23 Desember 2021.

Kementerian Keuangan Uni Emirat Arab (Kemenkeu UEA) juga ikut berpartisipasi guna mendukung dan menyambut Kemenkeu RI dalam Expo 2020 di Dubai. Acara tersebut bertempat di Paviliun Indonesia Expo 2020.

Rangkaian acara Pekan Kemenkeu RI di Expo Dubai diawali dari Seminar terkait  kebijakan fiskal perubahan iklim (sustainable finance – climate finance) dan implementasi proyek-proyek strategis hijau berkelanjutan, serta potensi investasi di Indonesia.

Terdapat pula pemaparan akan pentingnya pendidikan di bidang ekonomi dan keuangan syariah.

“UEA ingin membangun kemitraan ekonomi strategis dengan Indonesia dan berbagai pasar global yang menjanjikan, ini bertujuan untuk membangun fase baru pertumbuhan berkelanjutan pada tahapan berikutnya,” kata Mariam Mohammad Al Amiri selaku Assistant Undersecretary for the Management of Financial Resources, Kemenkeu UEA dikutip dari laman resmi Kemenkeu RI pada Kamis, (23/12/21).

Pemerintah Indonesia berharap inisiatif yang muncul dalam pembahasan ini dapat bermanfaat secara maksimal bagi kedua pihak.

“Republik Indonesia dan Uni Emirat Arab menikmati ikatan yang kuat di berbagai bidang, terutama ekonomi dan keuangan Islam. Kami berharap dapat mengambil manfaat dari semua kemampuan dan peluang yang berkontribusi untuk memperkuat hubungan antara kedua negara. Kami telah mengambil langkah-langkah penting untuk mengkonsolidasikan kerja sama dengan UEA, salah satunya adalah Bank Syariah Indonesia (BSI), bank Syariah Islam terbesar di Indonesia, berencana untuk membuka kantor perwakilan pertamanya di Dubai,” jelas Duta Besar (Dubes) Indonesia Husin Bagis dikutip dari laman resmi Kemenkeu RI pada Kamis, (23/12/21).

Pada tahun 2021, Uni Emirat Arab telah berinvestasi lebih dari 10 miliar USD melalui Lembaga Investasi Indonesia. Hal tersebut merupakan tidak lanjut dari kunjungan terakhir Presiden Joko Widodo dalam National Day, Dubai Expo pada 4 November 2021.

Mariam Mohammad Al Amiri juga sempat berdiskusi dengan Boby Wahyu Hernawan (Atase Keuangan KBRI UEA) dan Husin Bagis (Dubes RI) mengenai perkembangan ekonomi terakhir Indonesia dengan Uni Emirat Arab. (Riza)

ADVERTISEMENT

Reporter: Rizanatul Fitri
Editor: Risto Risanto
Contributor: -
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT