ADVERTISEMENT

Penelitian Terbaru Klaim 3 Masker Ini Efektif Tangkal Varian Covid-19 Omicron

Jumat, 24 Desember 2021 10:06 WIB

Share
Ilustrasi Masker Tangkal Covid-19 (Foto: Kena Betancur / AFP)
Ilustrasi Masker Tangkal Covid-19 (Foto: Kena Betancur / AFP)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa ada beberapa masker yang efektif dapat membantu mengurangi penyebaran Covid-19 dan variannya.

Penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Infection Control, dan Journal of Association for Professionals in Infection Control and Epidemiology (APIC) menyebutkan bagaimana pengurangan penyebaran patogen infeksi pernapasan dapat mengurangi kasus varian Omicron.

Menurut penulis utama penelitian ini, Francoise M Blachere, MSc., yakni Ahli Biologi Penelitian dari Institut Nasional untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja (NIOSH) masker sangat berguna dalam menghambat masuknya virus ke dalam tubuh manusia.

Kinerja masker wajah sebagai perangkat yang mengendalikan penyebaran infeksi bergantung pada kemampuan bahan masker untuk menyaring aerosol, dan seberapa cocok masker dengan pemakainya.

Dengan melakukan berbagai eksperimen yang mensimulasikan batuk dan pernafasan, para peneliti mengukur efisiensi masker dalam memblokir aerosol pernapasan.

Khususnya, masker wajah dapat membantu mengurangi penularan aerosol pernapasan dan tetesan yang dihasilkan selama aktivitas seperti berbicara, bernapas, dan batuk.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) merekomendasikan masker yang berlapis-lapis untuk menutupi hidung dan mulut serta membentuk segel rapat di wajah.

Melansir dari laman Indian Express, berikut 3 masker yang dinilai ampuh tangkal Covid-19 varian Omicron.

Masker kain tiga lapis

Masker medis yang memiliki penyangga elastis dianggap dapat memberikan perlindungan terbaik terhadap aerosol pernapasan.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT