ADVERTISEMENT

Pakar Imunolog Asal Amerika Sebut Varian Omicron Bisa Lolos dari Efektivitas Vaksin Covid-19

Jumat, 17 Desember 2021 13:24 WIB

Share
dr Fauci (Foto: Instagram/@doc.fauci)
dr Fauci (Foto: Instagram/@doc.fauci)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

AS, POSKOTA.CO.ID - Seorang dokter dan pakar imunologi asal Amerika Serikat Dr Anthony Fauci mengatakan studi pendahuluan yang "sungguh-sungguh" menunjukkan varian Omicron dari Covid-19 tampaknya menghindari beberapa perlindungan yang diberikan oleh vaksin.

Akan tetapi kepala penasihat medis Gedung Putih itu menambahkan bahwa setidaknya suntikan booster tampaknya membantu meningkatkan kemanjuran terhadap varian tersebut.

“Hal yang penting adalah bahwa [Omicron] tampaknya dapat menghindari beberapa perlindungan kekebalan dari hal-hal seperti antibodi monoklonal, plasma penyembuhan, dan antibodi yang diinduksi oleh vaksin. Itu berita yang serius," kata Fauci, dikutip dari situs NYPost.

“Berita yang agak menggembirakan adalah bahwa data awal menunjukkan bahwa ketika Anda mendapatkan booster, misalnya, suntikan ketiga mRNA, itu meningkatkan tingkat perlindungan yang cukup tinggi sehingga berhasil melawan Omicron,” tambahnya.

Namun dr Fauci juga menyebut bahwa ada laporan yang menunjukkan bahwa varian Omicron dapat menyebabkan gejala yang lebih ringan daripada varian Delta.

Kami mendapatkan informasi anekdotal ... belum tentu dikonfirmasi, bahwa tingkat keparahan tampaknya mungkin sedikit lebih rendah daripada di Delta.

Meski begitu, Fauci menuturkan ada banyak masalah yang membingungkan yang mungkin disebabkan oleh perlindungan mendasar di masyarakat karena infeksi sebelumnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan Omicron sebagai "varian perhatian", tingkat ancaman tertinggi badan tersebut karena jumlah mutasi yang belum pernah terjadi sebelumnya pada protein lonjakannya, komponen virus yang mengikat sel. Delta juga terdaftar sebagai "varian perhatian”.

Terlepas dari kekhawatiran bahwa mutasi Omicron dapat membuatnya agak resisten terhadap vaksin, Fauci memperkirakan pekan lalu bahwa booster yang secara khusus ditargetkan untuk varian tersebut mungkin tidak diperlukan.

"Saya tidak begitu yakin bahwa kita harus mendapatkan vaksin penguat khusus varian untuk mendapatkan perlindungan yang memadai dari Omicron," kata Fauci kepada situs web kesehatan STAT dalam sebuah wawancara yang diterbitkan Jumat (10/12/2021).

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT