ADVERTISEMENT

Ada Ban Kapten Pelangi Khas LGBT di Piala AFF 2021, Ketua Umum PSSI: Indonesia Tidak Akan Pakai Itu!

Rabu, 8 Desember 2021 12:50 WIB

Share
Kampanye LGBT di Ranah Sepak Bola (Foto: Twitter)
Kampanye LGBT di Ranah Sepak Bola (Foto: Twitter)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Sepak bola antar negara-negara Asia Tenggara kembali bangkit, usai turnamen Piala AFF 2020 resmi bergulir.

Namun dibalik bergulirnya Piala AFF 2020 itu, muncul kontroversi yang menggegerkan publik khususnya pecinta sepak dari Indonesia.

Adapun kontroversi yang menggegerkan publik pada gelaran Piala AFF 2020 adalah beberapa negara menggunakan ban kapten pelangi di ajang turnamen dua tahunan tersebut.

Ban kapten pelangi itu merupakan simbol solidaritas untuk para kaum LGBT agar Piala AFF 2020 dijadikan momen untuk mengampanyekan kesetaraan.

Sebelumnya, tiga kontestan Piala AFF 2020 kedepatan menggunakan ban kapten pelangi dalam pertandingan. Mereka adalah Thailand, Myanmar, dan Kamboja.

Dua negara memilih menggunakan ban kapten pelangi di Piala AFF 2020. Namun demikian, langkah itu tak akan diikuti Timnas Indonesia yang sudah memutuskan tak memakainya dalam pertandingan.

PSSI melalui Ketua Umum Mochamad Iriawan telah mengonfirmasi bahwa Timnas Indonesia tidak akan menggunakan ban kapten pelangi.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Menurut dia, pihaknya akan menghubungi Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri untuk memastikan skuad Garuda tak mengenakan ban kapten yang identik dengan dukungan untuk komunitas LGBT.

“itu kan hak masing-masing tim atau negaranya. Silakan saja mau pakai atau tidak. Hanya, Timnas Indonesia tak akan memakainya. Saya telepon Indra nanti. Kami putuskan untuk tak menggunakannya. Jika negara lain memakai, silakan saja, kan budayanya beda-beda,” kata Indra yang dikutip oleh Poskota.co.id pada halaman Idn Times, Selasa (07/12/2021).

Sebelumnya, Timnas Thailand menjadi sorotan dalam laga pembuka Piala AFF 2020. Hal itu tak terlepas dari ban kapten pelangi yang digunakan Teerasil Dangda dalam pertandingan Grup A melawan Timor Leste, Minggu (5/12/2021).

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT