Mengerikan, WHO Prediksi 700.000 Lebih Kematian akibat Covid-19 di Eropa dalam Beberapa Bulan Mendatang

Rabu, 24 November 2021 08:54 WIB

Share
Pesan WHO melalui tagar Covid-19.
Pesan WHO melalui tagar Covid-19.

Mengerikan, WHO Khawatirkan 700.000 Lebih Kematian akibat Covid-19 di Eropa dalam Beberapa Bulan Mendatang

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kondisi pandemi Covid-19 di Eropa masih mengerikan. Eropa tetap "dalam cengkeraman kuat" Covid-19 dan jumlah kematian di benua itu bisa mencapai 2,2 juta pada musim dingin ini jika tren saat ini berlanjut.

Hal itu diungkapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia WHO pada  Selasa (23 November). WHO memprediksi sekitar 700.000 bisa meninggal dalam beberapa bulan mendatang.

Apa yang disampaikan WHO itu berdasar ketika kasus-kasus merayap di seluruh Eropa, mendorong beberapa negara untuk menerapkan kembali pembatasan ketat.

WHO memperkirakan "stres tinggi atau ekstrem di unit perawatan intensif (ICU) di 49 dari 53 negara antara sekarang dan 1 Maret 2022".

"Kematian kumulatif yang dilaporkan diproyeksikan mencapai lebih dari 2,2 juta pada musim semi tahun depan," tambahnya, naik dari 1,5 juta saat ini.

Covid-19 adalah penyebab utama kematian di seluruh Eropa dan Asia Tengah, WHO melaporkan, mengutip angka dari Institute for Health Metrics and Evaluation.

Kenaikan di Eropa didorong oleh kombinasi varian Delta yang sangat menular, cakupan vaksinasi yang tidak mencukupi dan pelonggaran tindakan seperti pemakaian masker dan jarak fisik, katanya.

Menurut data WHO, kematian terkait Covid-19 meningkat pekan lalu menjadi hampir 4.200 per hari, dua kali lipat dari 2.100 kematian per hari pada akhir September.

WHO juga mengatakan semakin banyak bukti bahwa perlindungan yang diinduksi vaksin terhadap infeksi dan penyakit ringan sedang menurun.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar