Masih Banyak Warga DKI Buang Kotoran ke Kali Karena Tidak Punya Septic Tank, Ini Tanggapan Pengamat Tata Kota 

Selasa, 23 November 2021 22:44 WIB

Share
Penampakan saluran pipa pembuangan yang menjorok ke Kali Cipinang di permukiman warga RT 14/06, Kelurahan Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. (Foto/Poskota.co.id/CR02)
Penampakan saluran pipa pembuangan yang menjorok ke Kali Cipinang di permukiman warga RT 14/06, Kelurahan Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. (Foto/Poskota.co.id/CR02)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Warga di DKI Jakarta masih banyak yang membuang kotoran atau buang air besar ke kali. Hal itu disebabkan karena masih banyak warga yang belum mempunyai septic tank secara mandiri.

Hal itu jelas dapat membahayakan kesehatan warga. Sebab masih banyak warga terlebih anak-anak yang masih bermain di kali, sehingga dapat menimbulkan penyakit.

Menangapi hal tersebut, Pengamat Tata Kota Nirwono Jogo menilai masih banyaknya warga yang belum mempunyai septic tank dikarenakan belum menjadi prioritas utama bagi Pemerintag Daerah (Pemda) DKI.

"Karena yang memiliki masalah septic tank ini sebagian besar masyarakat bawah di kampung kumuh (yang bisa ilegal) sehingga tidak mendapatkan perhatian serius dari kepala daerah, serta permukiman dengan kesadaran sanitasi higienis dan akses air bersih yang masih rendah," ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (23/11/2921).


 

 

Dia menilai, Pemda atau Dinas terkait tidak memiliki rencana induk yang menyusun pembangunan septic tank yang baik bagi warga.

"Untuk itu perlu segera menyusun Rencana Induk Jaringan Pengolahan Air Bersih dan Air Limbah Terpadu yang memuat rencana pembangunan perpipaan air bersih dan air limbah," paparnya.

Adapun rencana pembangunan septic tank tersebut, menurut Nirwono, dilakukan secara komunal mulai dari tahapan pembangunan dan rencana pembiayaan dalam jangka waktu 10 sampai 20 tahun kedepan.

 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar