Vaksinasi Covid-19 untuk Anak-anak Usia 6-11 Tahun Aman, Tidak Ada Efek Samping

Senin, 8 November 2021 23:01 WIB

Share
Presiden Joko Widodo saat tinjau vaksinasi dari rumah ke rumah. (biro pers)
Presiden Joko Widodo saat tinjau vaksinasi dari rumah ke rumah. (biro pers)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pemerintah berencana melakukan vaksinasi kepada anak usia 6 sampai 11 tahun.

Setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) resmi memberikan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) vaksin Sinovac untuk anak seusia tersebut.

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Dr. Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K) mengharapkan para orangtua jangan khawatir vaksinasi terhadap anak-anak berusia 6-11 tahun.

"Iinsyaallah vaksinasi Covid-19 ini aman terhadap anak-anak. Bahkan beberapa studi efek samping jauh lebih ringan daripada orang dewasa, dan efektivitas lebih tinggi dari orang dewasa," terang Piprim.

Itu disampaikan Piprim pada acara talk show secara daring bertema : "Vaksin Sayangi Keluarga" dari Graha BNPB, Jakarta, Senin sore (8/11/2021).

Pembicara dalam diskusi itu, dr. Siti Nadia Tarmizi, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr Grace Hananta, C.Ht dari Public Figure. Health & Life Motivator dan moderator, Troy Pantouw, Ketua Sub Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19.

Menurutnya, sekitar 90 persen anak-anak yang mengikuti uji klinis tidak merasakan efek samping dari vaksin Covid-19 Sinovac. Sementara sisanya hanya merasakan efek lokal seperti demam dan nyeri ringan di sekitar disuntikkan vaksin.

"Anak-anak biasa mengerti bahasa tubuhnya.Jadi kalau masih ceria dan lincah setelah divaksin, artinya tidak ada masalah yang serius pada anak tersebut, dan berbeda kalau anak itu diam saja, atau tidak aktif setelah divaksin," terang Piprim.

Sebab itu, dia menyarankan perlu observasi oleh orangtua terhadap anak tersebut, setelah divaksinasi atau sebelum vaksinasi.

Namun demikian, lanjut Piprim, setelah divaksin dianjurkan untuk tidak perlu aktif, dan diupayakan untuk istirahat.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar