ADVERTISEMENT

Gawat! Vaksin Covid-19 Mengandung Parasit Hidup yang Dapat Sangat Berbahaya Bagi Tubuh Manusia? Cek Faktanya

Jumat, 29 Oktober 2021 17:09 WIB

Share
Ilustrasi Parasit Hidup (Foto: BMJ CASE REPORTS)
Ilustrasi Parasit Hidup (Foto: BMJ CASE REPORTS)

Efek Samping Obat Ivermectin (Foto: Soumyabrata Roy/NurPhoto via Getty Images)

Berikut ini merupakan narasi yang ada di dalam video tersebut:

"Karena ada parasite menjijikkan dalam vaksin, orang yang sudah divaksinasi harus minum obat cacing."

Terpantau juga bahwa video tersebut sudah ada sebanyak 33 ribu kali ditonton dan ada sebanyak 2,9 ribu pengguna YouTube yang menyukainya.

Akan tetapi yang menjadi pertanyaanya adalah apakah informasi yang menyebut kalau vaksin Covid-19 mengandung parasit hidup memang benar?

Setelah ditelusri, ternyata berita yang mengatakan bahwa vaksin Covid-19 terdapat parasit hidup merupakan informasi yang hoaks alias bohong.

Dijelaskan oleh pakar Epidemolog langsung yang ada di Kyungpook National University yakni Kim Shin-woo bahwa vaksin Covid-19 pada dasarnya sama sekali tak boleh ada parasit yang terkandung di dalamnya.

Mengapa seperti itu? Hal itu dikarenaka proses pembuatan vaksin diwajibkan untuk mengikuti pedoman yang ada di prosedur ketat agar dapat mencegah keberadaan suatu elemen lain yang bisa merusak vaksin itu sendiri (kontaminasi).

Tak hanya itu, Profesor Jung Jae-hun dari Fakultas Kedokteran dan Sains Universitas Gachon juga menegaskan kalau semua vaksin harus diproduksi di lingkungan yang steril dan tidak boleh tercemar oleh patogen (virus lain) termasuk parasit.

Apabila prosedur itu tidak dijalankan dengan baik maka sudah jelas vaksin yang diproduksi tidak boleh digunakan oleh orang-orang.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT