Banyak Suara Tidak Sah Cakades di Lebak Minta Perhitungan Ulang, Begini Hasilnya 
Kamis, 28 Oktober 2021 13:56 WIB
Share
pelaksanaan perhitungan ulang Pilkades Ciruji di Kantor Kecamatan Banjarsari (ist)

LEBAK, POSKOTA.CO.ID - Panitia pelaksana Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Ciruji, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak melalukan perhitungan ulang perolehan suara hasil dari pemungutan suara pada Minggu (24/10/2021) lalu.

Perhitungan ulang dilakukan di Kantor Kecamatan Bajarsari, pada Rabu (27/10/2021) kemarin.

Usut punya usut, perhitungan ulang itu dilakukan atas dasar permintaan dari salah satu Calon Kepala Desa (Cakades) Ciruji. Cakades itu meminta agar perhitungan di ulang karena ada banyak suara tidak sah pada pemungutan hajat demokrasi itu.

Camat Banjarsari, Asep Redi membenarkan adanya penghitungan suara ulang di Pelkades Ciruji. Kata Asep, panitia setelah mendapat protes dari calon nomor urut 3 soal banyak suara yang tidak sah, dengan cepat melakukan koordinasi dan memutuskan untuk melakukan penghitungan ulang.

"Betul sudah dilakukan penghitungan suara ulang. Berdasarkan laporan yang di terima tetap nomor urut 1 unggul pada Pilkades Ciruji," kata Asep, saat dihubungi melalui telepon selulernya oleh wartawan, Kamis (28/10/2021) 

Asep menjelaskan, hasil Pilkades Ciruji yang di gelar Minggu 24 Oktober 2021 lalu nomor 1 atas nama Desi Herdiana Sapitri unggul dengan 897 suara, nomor 2 Ujang Triprianto dengan mendapatkan 124 suara dan nomor urut 3 Tatang A mendapatkan 403 suara sementara suara tidak sah 767 suara dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) 2.592 orang yang di gelar di 5 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Ya karena banyak suara yang tidak sah Calkades nomor 3 meminta dilakukan penghitungan suara ulang," ujarnya.

"Setelah dihitung ulang nomor urut 1 mendapatkan suara 1.224 suara, nomor urut 2 mendapatkan 159 suara dan nomor 3 mendapatkan 558 suara, sementara surat suara yang tidak sah sebanyak 27 suara. Tetap nomor 1 Desi Herdiana Sapitri unggul bahkan angkanya bertambah 327 suara," terang Asep.

Asep menuturkan, setelah dihitungan ulang semoga hasilnya bisa diterima oleh para Calkades yang kalah. Dan tidak menimbulkan persoalan kembali.

"Sudah ditandatangani hasilnya, nomor 1 unggul dari 3 Calkades," imbuhnya.

Halaman
1 2