Badan Obat-obatan Uni Eropa Mulai Melakukan Peninjauan Obat Covid-19 Molnupiravir, Hasil Awal Tinjauannya Sangat Mengejutkan

Rabu, 27 Oktober 2021 09:48 WIB

Share
Obat Molnupiravir (Foto: Istimewa)
Obat Molnupiravir (Foto: Istimewa)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Pengawas obat-obatan Uni Eropa (UE) mengatakan bahwa mereka mulai meninjau obat Covid oral dari perusahaan farmasi AS Merck, Molnupiravir pada Senin (25/10/2021).

Mereka berharap dari peninjauan itu bisa perawatan yang mudah dilakukan untuk mengurangi kasus serius atau mematikan dari paparan Covid-19.

Langkah tersebut, yang pada akhirnya dapat mengarah pada otorisasi di pasar Eropa, terjadi dua minggu setelah Merck mengajukan permohonan penggunaan darurat obat anti-coronavirus di AS.

“Komite obat manusia (CHMP) EMA telah memulai tinjauan bergulir dari obat antivirus oral molnupiravir yang dikembangkan oleh Merck Sharp & Dohme bekerja sama dengan Ridgeback Biotherapeutics untuk pengobatan Covid-19 pada orang dewasa,” kata European Medicines Agency, dikutip PosKota.co.id dari laman Expatica.

Hasil awal “menunjukkan bahwa obat tersebut dapat mengurangi kemampuan SARS-CoV-2 (virus yang menyebabkan Covid-19) berkembang biak di dalam tubuh, sehingga mencegah rawat inap atau kematian pada pasien dengan Covid-19,” EMA yang berbasis di Amsterdam dikatakan.

Antivirus seperti molnupiravir bekerja dengan mengurangi kemampuan virus untuk bereplikasi, sehingga memperlambat penyakit. Itu diambil secara lisan.

Diberikan kepada pasien dalam beberapa hari setelah tes positif, pengobatan mengurangi separuh risiko rawat inap, menurut uji klinis yang dilakukan oleh Merck, juga disebut MSD di luar Amerika Serikat.

Jika disetujui, molnupiravir akan mewakili terobosan besar dalam mengurangi bentuk penyakit yang parah, yang menurut Merck juga mencegah 100 persen kematian dibandingkan dengan plasebo. Namun, ukuran sampelnya relatif kecil dan angkanya belum dapat diekstrapolasi dengan andal.

EMA sekarang akan menilai apakah molnupiravir sesuai dengan standar kemanjuran, keamanan, dan kualitas Eropa.

Diperlukan waktu beberapa bulan antara dimulainya tinjauan bergulir oleh EMA dan akhirnya lampu hijau apa pun, tetapi tinjauan dilakukan segera setelah data tersedia, sehingga mempercepat prosesnya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar