Suzuki Indonesia alami percobaan peretasan data jaringan internal. (Foto/Suzuki)

Mobil

Waduh! Alami Percobaan Peretasan data Jaringan Internal, Begini Reaksi Suzuki Indonesia

Sabtu 23 Okt 2021, 08:52 WIB

POSKOTA.CO.ID - PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) dan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagai bagian dari Suzuki Global mengeluarkan pernyataan bahwa pihaknya telah mengalami percobaan peretasan ke jaringan internal mereka.

Suzuki pun berkomitkan untuk senantiasa mengutamakan keamanan dan kerahasiaan data konsumen.

Perihal keamanan dan kerahasiaan data konsumen tersebut, pada 15 Oktober 2021 lalu, Suzuki sempat mendapatkan percobaan peretasan melalui akses illegal ke jaringan internal PT SIM/SIS.

Sebagai dampak dari hal tersebut, sebagian sistem produksi berhenti, sehingga menyebabkan terhentinya produksi di sebagian pabrik mobil Suzuki selama 2 hari kerja.

Dalam keterangan resminya yang diterima Poskota.co.id, Suzuki memastikan saat ini kondisinya sudah pulih kembali.

Selain itu, karena telah terjadi juga percobaan akses ilegal ke server Suzuki yang menyimpan informasi konsumen, Suzuki akan terus melanjutkan investigasi secara detail.

Syukurnya, meski begitu, saat ini belum dapat dipastikan adanya kebocoran informasi data konsumen.

Presiden Direktur PT SIM/SIS, Shingo Sezaki, menyatakan komitmennya untuk mengatasi hal tersebut. “Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada konsumen serta pihak terkait lainnya.”

“Karena hal ini berpotensi menyebabkan ketidaknyamanan dan kekhawatiran. Namun, kami telah dan akan terus memperkuat langkah-langkah terkait pengamanan data dan informasi konsumen di PT SIM/SIS,” katanya.

Dengan adanya peryataan resmi dari Suzuki terkait percobaan peretasan di jaringan internalnya, Suzuki tentu berharap dan tetap berkominten kepada para konsumen setianya dalam memberikan fasilitas dan pelayanan terbaiknya. (Muhammad Ichsan)

Tags:
SUZUKIperetasansuzuki mobildata konsumen suzuki diretas

Administrator

Reporter

Administrator

Editor