POSKOTA.CO.ID - Pasar motor sport kelas menengah di Indonesia kian beragam dengan kehadirannya Aprilia RS660 di Indonesia oleh PT Piaggio Indonesia.
Selama ini, segmentasi motor sport 600cc, kalau bukan Honda CBR600RR, ya Kawasaki ZX-6R.
Namun, kini pencinta bigbike dihadapkan pilihan baru dari model yang sport Italia dari pabrikan Aprilia.
Sebagai pendatang baru, tentunya Aprilia harus menjanjikan jika motor sport mereka satu ini layak menjadi pilihan terbaik.
Sejak pertama kali diperkenalkan pada 2019 lalu di ajang pameran otomotif dunia EICMA, Milan, Aprilia RS660 menjadi primadona baru di Italia.
Motor sport ini merupakan turunannya dari Aprilia RSV4 1.000 yang sangat hebat di ajang World Superbike.
Terlihat bagaimana struktur Aprilia RS660 ini sangat mirip dengan sang kerabatnya itu.
Secara basic, sasis yang digunakan Aprilia RS660 ini terbilang istimewa dengan bahan baku aluminium.
Asyiknya, meski terkesan sporty banget, sasis belakangnya bisa di-removable untuk jok belakang.
Ini menjadi kelebihan tersendiri bagi Aprilia RS660. Selanjutnya, di bagian kita bisa melihat bagaimana desain bodi atau fairing dipakai sangat agresif.
Model lampu Aprilia RS660 mengusung model facia dengan dua mata lampu depan berteknologi LED.
Juga, dilengkapi dengan lampu DRL, yang membentang kecil pada lampu depannya.
Secara garis besar, bodi Aprilia RS660 ini terlihat sangat compact alias padat.
Pertama, yang menarik dari Aprilia RS660, yakni bagaimana motor ini menawarkan mesin jenis parallel twin berkapasitas 659 cc 4-valve/cylinder.
Dengan spek mesin tersebut, motor ini diklaim memiliki kekuatan di atas aspal dengan power maksimum hingga 100 hp per 10.500 rpm dan torsi maksimum 67 Nm per 8.500 rpm.
Dengan spek tersebut, Aprilia RS660 dibekali dengan kaki-kaki yang terbilang cukup berkelas di kelasnya.
Di bagian depan, Aprilia membekali jagoannya ini dengan suspensi upside down lansiran Kayaba dengan diameter tabung 41 mm.
Suspensinya diset pada ketinggian 120 mm, sehingga motor ini sangat layak untuk terjun langsung di kejuaraan balap.
Selain itu, untuk sistem pengereman depannya didukung dengan double cakram berukuran 320 mm, dan diapit oleh kaliper jenis radial 4 piston dari Brembo.
Enggak berhenti sampai di situ, untuk roda depannya, Aprilia menyematkan pelek berbahan aluminium berukuran 3,5 inci ring 17 dan untuk ban depannya, menggunakan 120/70-17.
Untuk kaki-kaki belakang, semua komponen yang diaplikasi nggak kalah mumpuni.
Sasis yang digunakan Aprilia RS660 ini sudah satu paket dengan swingarm asimetris berbahan aluminium.
Untuk suspensinya menggunakan jenis monoshock dengan sistem pre-load adjustbale yang dapat diset hingga ketinggian 130 mm.
Sementara itu, disc brake yang digunakan pada roda belakangnya menggunakan ukuran 220 mm, berkalipter Brembo 2 piston 34 mm.
Untuk mendukung keamanan di jalan raya, Aprilia RS660 juga sudah dibekali dengan sistem ABS multimap cornering.
Atau dengan kata lain, sistem ABS-nya disetel sesuai dengan kebutuhan gaya berkendara.
Masih lanjut, kita akan bahas mengenai sistem elektronik yang digunakan Aprilia pada RS660 ini.
Pertama, model elektronik yang disematkan yakni 6-axis IMUI, di mana elektronik ini terhubung langsung dengan sensor ATC (traction control), AWC (wheelie control), AEB (engine brake control).
Selain itu, juga terhubung dengan AEM (engine mapping), ACC (cruise control).
Dan yang paling canggih lagi, Aprilia RS660 ini sudah dibekasi 5 riding models, yakni road and track, E pre-set dan 2 custom isable.
Masing-masing mode tersebut dapat disesuai dengan gaya berkendara dan kondisi jalanan, bradsis.
Sekarang, bagaimana dengan bobotnya? Di atas kertas, Aprilia RS660 ini memiliki berat hingga 183 kg dengan 90 persen tangki full.
Sementara tinggi dari jok ke tanah itu berdimensi 820 mm. Untuk postur rata-rata orang Indonesia, pasti akan sedikit jinjit.
“Aprilia berangkat dari sejarah kuat di dunia balapan, dan motor Aprilia memberikan rasa sensasional yang tak tertandingi.
"Melalui keluarga Aprilia 660, kami dapat melayani konsumen yang mendambakan adrenalin dan sensasi balap, namun tetap dengan penggunaan lebih praktis untuk berkendara sehari-hari.
"Baik Aprilia RS 660 maupun Aprilia Tuono 660 adalah motor sportskelas menengah yang mampu memberikan pengalaman berkendara yang mudah, lincah, dan gesit di berbagai kondisi, baik itu di sirkuit, di dalam kota, atau saat touring, sesuai dengan keinginan pengendara.
"Keluarga Aprilia 660 membuka kemungkinan tak terbatas bagi para jiwa pembalap dengan memberikan keseimbangan sempurna dari segi tenaga dan kepraktisan dalam mewujudkan pengalaman yang luar biasa,” terang Marco Noto La Diega, President Director PT Piaggio Indonesia.
Terkahir soal harga, di mana PT Piaggio Indonesia memasar Aprilia RS660 ini dengan harga nyaris setengah miliar, atau tepatnya Rp650 juta.
Dengan harga tersebut, terdapat dua pilihan model warna yakni Acid Gold dan Lava Red.