POSKOTA.CO.ID - Bikin suspensi belakang Yamaha Lexi menjadi double shock ternyata tidaklah sulit.
Hal ini ternyata bisa dilakukan sendiri tanpa harus ke bengkel, cukup dengan melakukan beberapa pengerjaan yang sidikit serius karena dibutuhkan pengelasan dibeberapa bagian.
Tujuan dari penambahan shock pada Yamaha Lexi tak lepas agar riding lebih stabil dan nyaman, dimana Baba Zeal, salah satu member dari Yamaha Lexi Community Jakarta (YLCJ) baru saja memodifikasi Yamaha Lexi tunggangannya menjadi double shock.
“Langsung kepikiran aja buat garap motor Yamaha Lexi yang biasa saya pakai sehari-hari kalau pakai double shock bisa lebih mantap. Karena kebetulan juga saya suka bawa barang-barang yang lumayan berat,” ujar Baba Zeal kepada Poskota.co.id
Baba juga menjelaskan, hal yang perlu disiapkan untuk modifikasi dual shock di Yamaha Lexi ini part kaki-kaki originalnya milik Yamaha Aerox.
“Full set dengan bearing, seal, clirclip coklat dan bosh shock sebelah kanan yang nempel di arm Aerox. Ga lupa beli anting original Mio buat dilas ke rangka atas sebelah kanan,” jelasnya.
“Gak butuh waktu lama saya kerjain sendiri dirumah dalam pemasanganya, kecuali pengelasan saya bawa ke tukang las di dekat rumah dengan biaya gak lebih dari 50 ribu. Murah memang karena saya cuma pakai pas listrik tapi jaminan ketahanan bisa dipastikan kuat sama tukang lasnya,” terangnya.

Saat melakukan pengelasan untuk bagian kanan shock tambahannya. (Foto/baba)
“Selesai dilas jangan lupa disemprot pakai cat Diton Premium biar gak karatan anting-anting yang tadi dilas ke rangka si Lexi. Pada bagian spakbor bagian kanan bawah juga perlu penyesuaian, jadi harus dicoak buat menyesuaikan posisi anting-anting yang tadi dilas,” tambahnya.
“Terakhir tinggal kembali merakit bodi dan selesai. Oiya tambahan buat yang mau ikutan ganti untuk part seperti clirclip coklat, bearing, seal juga bisa pakai bawaan yamaha Lexi ya, kecuali sudah pada rusak wajib beli. Kalau bosh buat dudukan shock sebelah kanan wajib beli harganya sekitar 19 ribuan,” papar Baba Zeal.
Suspensi yang cocok untuk modifikasi double shock di Yamaha Lexi ini bisa menggunakan milik Yamaha Aerox. Karena ukurannya hampir sama, sekitar 300- 310 mm.
Sedangkan yang dipakai oleh Baba Zeal ini suspensi lansiran dari produsen part after market asal Malaysia, yaitu RCB V Series.
“Motor lebih stabil dan soft banget pakai shock RCB V Series, kebetulan ada setelan reboundnya dan setelan soft sampai hard, terus juga dapat spring cadangan yang lebih soft, “ pungkasnya.
Rincian part dan biaya:
Shock RCB V Series For Nmax : Rp. 2.700.000
Arm Aerox Original: Rp. 276.000
Bosh shock: Rp.19.000
Bearing: Rp.50.000
Karet seal: Rp.14.000
Clirclip: Rp.14.000
Collar: Rp. 18.500
Seal tutup bearing luar: Rp. 17.000
Anting-anting Mio: Rp. 10.000
Biaya las: Rp. 50.000
Estimasi pengerjaan 2-3 Jam
Total Biaya: Rp.3.168.500.