ADVERTISEMENT

Jangan Main-Main! Mulai Sekarang Coba Kenali Penyebab Bunuh Diri, Begini Cara Mencegahnya

Senin, 6 September 2021 13:48 WIB

Share
Tingkat bunuh diri di Indonesia masih terbilang tinggi dan didominasi usia 20-29 tahun. (Sumber: Unsplash Free Images)
Tingkat bunuh diri di Indonesia masih terbilang tinggi dan didominasi usia 20-29 tahun. (Sumber: Unsplash Free Images)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Baru-baru ini terdengar kabar mahasiswa asal Malang melakukan percobaan bunuh diri di sebuah jembatan. Percobaan ini dilakukan lantaran ia mengalami gangguan mental depresi.

World Health Organization (WHO) estimates mengatakan angka kematian pada tahun 2016 di Indonesia mencapai 3,4 per 100.000 penduduk. Angka bunuh diri kelompok umur 20-29 tahun mencapai 5,1 per 100.000 penduduk dan memiliki jumlah tertinggi dibandingkan kelompok umur lainnya.

Memasuki tahun 2020 WHO memperkirakan angka bunuh diri di Indonesia diperkirakan mencapai 1.800 kasus per tahun.

Bersama dengan WHO, International Association of Suicide Prevention IASP memperingati Hari Pencegahan Bunuh Diri tiap memasuki tanggal 10 September.

Sebagaimana diketahui, pembicaraan mengenai kesehatan mental di Indonesia masih sering kali diabaikan. Akibatnya, banyak orang yang tidak teredukasi dengan baik mengenai permasalahan kesehatan mental.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga pernah melakukan survei mengenai keinginan bunuh diri di kalangan anak SMP hingga SMA, hasilnya sebanyak 4,3 persen laki-laki dan 5,9 persen perempuan dari total 10.837 responden memiliki niatan untuk bunuh diri.

Dilansir dari National Institute of Mental Health, bunuh diri adalah ketika seseorang bertujuan untuk mengakhiri hidupnya, akibatnya seseorang tersebut akan tewas. Sementara itu, percobaan bunuh diri memiliki arti ketika seseorang melukai diri mereka dengan tujuan mengakhiri hidupnya, tetapi upayanya gagal.

Bunuh diri merupakan sebuah permasalahan yang kompleks, faktor penyebabnya pun tidak hanya satu atau dua, namun banyak faktor yang menyebabkan seseorang memiliki keinginan untuk bunuh diri.

Beberapa faktor diantaranya adalah depresi atau gangguan mental lainnya, memiliki penyakit kronis, tindakan abusif yang dilakukan orang terdekat, keberadaan benda berbahaya di lingkungan seperti pistol, histori anggota keluarga yang pernah bunuh diri, hingga terekspos dengan tindakan kecenderungan untuk bunuh diri melalui media.

Untuk itu, poskota telah merangkum beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah orang terdekat atau siapapun yang memiliki keinginan untuk bunuh diri dari National Institute of Mental Health:

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT