Holeshot device, teknologi sakti anti wheelie saat start.(Foto/MotoGP)

MotoGP

Ternyata Begini Pembalap MotoGP Operasikan Holeshot Device Saat Balapan

Sabtu 10 Jul 2021, 20:30 WIB

POSKOTA.CO.ID - Musim ini Holeshot device sangat santer menjadi perangkat elektronik baru di tengah-tengah persaingan tim MotoGP.

Dalam hal ini Ducati kembali menjadi pioner dalam pengembangan motor MotoGP di musim 2021 dengan memperkenalkan perang tersebut.

Bahkan sekarang bukan hanya Ducati, melainkan Yamaha, Honda, dan Aprilia juga sudah menggunakan perangkat tersebut.

Lalu bagaimana holeshot device ini berfungsi?

 

Secara garis besar, perangkat ini sangat membantu untuk berakselerasi.

Hanya saja, secara fungsi, holeshot device ini terhubung langsung dengan suspensi belakang dengan sistem elektrik.

Kalau kita lihat, ketika para rider selesai mengikuti sesi kualifikasi, mereka akan melakukan latihan start.

Ketika itu, perangkat ini difungsikan secara manual dari bagian panel depan motor dengan menggunakan sebuah tombol atau switch.

 

Namun, yang jelas ketika holeshot diaktifkan maka suspensi belakang seperti mengalami 'gembos' tanpa adanya peredam kejut.

Alhasil, buritan belakang akan melandai turun, sehingga beban bagian belakang akan berlebih.

Hal tersebut merupakan kunci untuk mendapat akselerasi secara maksimal ketika start untuk mencegah terjadinya wheelie (roda depan terangkat).

Uniknya, ketika perangkat tersebut aktif, sepintas motor tampak terlihat seperti motor-motor dragrace.

 

Tidak hanya digunakan saat start, yang lebih menarik dari holeshot ini ternyata dapat juga diaktifkan saat balapan berlangsung secara mekanikal.

Terekam sebuah video dari akun youtube GeeKaeXydy, yang mempertontonkan bagaimana motor Yamaha dan Ducati ketika keluar tikungan.

Seperti disebutkan tadi, perangkat holeshot ini bertujuan untuk meningkatkan akselerasi motor dan anti-wheelie, yang dapat diaktifkan oleh rider.

Dalam tayangan tersebut, terlihat pembalap mengaktifkan holeshot ketika keluar ketikungan.

Sehingga, mengakibat distribusi bobot lebih menekan di bagian belakang, alhasil kekuatan akselerasi lebih mempuni dan mencegah wheelie.

Enggak heran, dalam hal ini akselerasi Ducati semakin bagus ketika keluar tikungan menuju di trek lurus.

Tags:
MotoGPholeshot devicePembalap MotoGPpembalap duniaHONDAYAMAHASUZUKIKTMDUCATIAprilia

Reporter

Administrator

Editor