Lewat kedipan pada indikator MIL, bisa deteksi kerusakan secara dini. (foto: ist)

Motor

Mau Tahu Kerusakan Motor Injeksi Honda? Lihat Indikator Kedipan MIL

Senin 12 Apr 2021, 13:30 WIB

SAAT ini semua produk sepeda motor Honda menggunakan sistem PGM-FI. Salah satu kelebihan dari sistem ini dapat mendiagnosa masalah yang terjadi pada sepeda motor. Hasil diagnosa ini akan disampaikan melalui malfunction indicator lamp (MIL) yang terletak pada bagian spidometer Honda.

Seperti dilansir Poskota Otomotif, pada kondisi normal, ketika kunci kontak dalam posisi ON maka MIL akan menyala sekitar 2 detik kemudian mati kembali dan motor siap dinyalakan. Selama kegagalan pada sistem PGM-FI belum diperbaiki, maka MIL akan terus berkedip.

Jumlah kedipan pada MIL memiliki arti tersendiri untuk mengetahui permasalahan yang terjadi pada sistem PGM-FI. Kedipan MIL pun terdapat dua jenis, yaitu kedipan cepat yang berlangsung selama 0,3 detik dan kedipan panjang yang berlangsung selama 1,3 detik.

Bisa Melihat

Anda bisa melihat kedipan MIL. Satu kedipan menunjukkan potensi gangguan pada area sistem sensor atau Manifold absolute pressure (MAP) yang mendeteksi tingkat ke vakuman pada intake manifold. Bila tidak segera diatasi akan menimbulkan akselerasi kurang baik dan performa mesin pun tidak maksimal pada putaran atas.

Bila tujuh kedipan menunjukkan potensi gangguan pada area sistem sensor temperatur mesin atau biasa disebut Engine Coolant Temperature (ECT) Atau Engine Oil Temperature (EOT). Akibat dari hal ini dapat membuat mesin agak susah dihidupkan pada saat mesin kondisi dingin.

Kemudian kalau delapan kedipan menunjukkan potensi gangguan pada area sistem sensor throttle position (TP), bila dibiarkan maka mesin akan mudah mati dan akselerasi pun tidak maksimal.

Jika sembilan kedipan menunjukkan potensi gangguan pada area sistem sensor Intake air temperature (IAT). Akibat yang ditimbulkan performa mesin tidak maksimal, mudah mati, emisi gas buang yang dihasilkan pun tidak bagus.

Selanjutnya kalau indikator MIL 11 kedipan menunjukkan potensi gangguan pada area sistem sensor kecepatan sehingga indikator spidometer tidak berfungsi atau bila telah menggunakan fi tur Idling Stop System (ISS) tidak akan berfungsi.

Kalau 12 Kedipan menunjukkan potensi gangguan pada area sistem injector sehingga sepeda motor tidak bisa dinyalakan. Kemudian kalau 21 kedipan, menunjukkan kode potensi gangguan pada area sistem O2 sensor (Oxigen sensor). Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi gas buang dan kondisi pembakaran mesin. Akibat yang ditimbulkan mesin sulit dihidupkan dan terdapat suara letupan pada knalpot.

Bila semakin banyak hingga 29 kedipan, menunjukkan kode potensi gangguan pada area sistem Intake Air Control Valve (IACV) yang membuat putaran stasioner tidak stabil, mesin sulit dihidupkan dan boros bahan bakar.

Kalau 33 kedipan menunjukkan potensi gangguan pada area sistem Engine Control Module (ECM) yang merupakan sumber dari seluruh peng aturan sistem PGM-FI. Akibatnya sepeda motor tidak dapat dihidupkan.

Memudahkan

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno mengatakan MIL merupakan teknologi terpadu dari PGM-FI untuk mempermudah konsumen maupun teknisi dalam mendiagnosa masalah pada sepeda motor Honda. Sehingga perbaikan yang dilakukan lebih efektif.

“Kehadiran MIL pada sepeda motor Honda bukan merupakan sesuatu yang baru. Kemudahan dalam mendeteksi permasalahan sepeda motor Honda pun dapat diketahui oleh konsumen secara mudah. Namun kami tetap sarankan agar konsumen dapat menuju AHASS terdekat agar sepeda motor kesayangannya dapat ditangani dengan tepat oleh teknisi AHASS,” katanya.

Artikel ini sudah tayang di Poskota Otomotif dengan judul: Cara Cepat Mendeteksi Kerusakan di Motor Injeksi Honda, Bisa Dilihat dari Kedipan MIL, Begini Cara Bacanya! (m ichsan/bi)

Tags:
MotorKedipan MILberlandaskan indikator pandemikerusakan lingkunganPskota.co.id

Administrator

Reporter

Administrator

Editor