Jika Habis Melakukan Perjalanan Jauh, Periksa Sejumlah Komponen Motor

Senin, 31 Mei 2021 02:36 WIB

Share
Jika Habis Melakukan Perjalanan Jauh, Periksa Sejumlah Komponen Motor
Tips merawat motor agar tarikan tetap prima. (foto: ist)

BERKENDARA jarak jauh akan berdampak terhadap kinerja sepeda motor kesayangan Anda. Mesin bekerja keras dari biasanya.

Nah untuk merawat agar kondisinya tetap prima, poskota otomotif memberi beberapa tips yang bisa disimak. Terutama pengguna sepeda motor yang baru melakukan perjalanan jarak jauh sebaik memperhatikan perawatan ‘kuda besi’.

Beberapa poin yang perlu diperhatikan supaya kondisi motor terjaga baik dan dapat dipergunakan untuk mendukung aktivitas.

Semoga dapat bermanfaat agar selalu enjoy berkendara.

Wahidin, Senior Manager Aftersales Main Dealer PT Thamrin Brothers, mengungkap hal yang harus diperhatikan dalam merawat sepeda motor, setelah menempuh perjalanan jauh di antaranya memperhatikan kondisi oli atau pelumas.

Perjalanan yang cukup jauh, perlu adanya pengecekan oli atau bahkan pergantian oli mesin. Untuk oli mesin sendiri kami merekomendasikan setiap 2.000 km.

Selain itu cek juga oli gear, terutama kendaraan matik. Untuk oli matik masa pergantian di setiap 10.000 km. Dan wajib menggunakan pilihan oli yang tepat dan sudah teruji contohnya Yamalube dan sesuai dengan tipe motor Anda.

Cek Filter Udara

Selanjutnya cek filter udara. Kondisi jalan yang cukup berdebu membuat filter udara jadi cepat kotor. Untuk filter udara saat service dapat dibersihkan. sedangkan untuk pergantian kami rekomendasi pergantian setiap 15.000 km.

Jika pemakaian dalam kondisi ekstrem dan penggunaan terlalu sering atau lama, semakin cepat diganti semakin baik. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar