ADVERTISEMENT

Hasil Pleno Rekapitulasi Pilkada Depok Pasangan Idris - Imam Menang

Selasa, 15 Desember 2020 18:25 WIB

Share
Hasil Pleno Rekapitulasi Pilkada Depok Pasangan Idris - Imam Menang

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

DEPOK - Hasil rekapitulasi Pilkada Depok menunjukkan pasangan calon Mohammad Idris – Imam Budi Hartono menang dengan prosentase 55,55 persen dibanding lawannya Pradi Supriatna - Afifah Alia yang memperoleh suara 44,45 persen.

Rekapitulasi suara itu digelar KPU Depok di Hotel Bumiwiyata, Selasa (15/12/2020).

 "Pilkada Depok 2020 dimenangkan paslon nomor 2 yakni Idris - Imam unggul sebesae 55,55 persen dibanding lawannya Pradi Supriatna - Afifah Alia nomor urut 1 sebesar 44,45 persen," ujar Ketua KPU Depok, Nana Shobarna kepada poskota.co.id dalam konprensi pers usai acara.
Baca juga: Dituduh Politik Uang, Begini Reaksi Kubu Cakada Depok Idris-Imam

Nana mangatakan partisipasi pemilih pada Pilkada Depok 2020 sebesar 62,79 persen walaupun dari awal KPU Depok menargetkan 77,5 persen.

Perolehan suara sah menurut Nana, ada sebanyak 748.346 suara dan suara tidak sah sebanyak 29.391 suara.

"Total suara ada 777.737 suara yang ikut memilih atau yang berpartisipasi di Pilkada Depok 2020," tambahnya.

Baca juga: Anggota DPRD Depok Pantau Rekapitulasi Suara Paslon Idris-Imam

Dalam pemilihan daerah ini meski di masa pandemi Covid-19, malah ada kenaikan partisipasi pemilih jika dibandingkan Pilkada 2015 lalu.

"Kalau dibandingkan pada 2015 silam, ada kenaikan. Meski alhamdullilah tidak ada laporan klaster di Pilkada Depok 2020," ungkap Nana.

Nana mengapresiasi masing-masing pasangan calon dan tim kampanye karena dapat menjaga kondusifitas sejak awal tahapan hingga 9 Desember.

Baca juga: Ketua DPC PPP Depok Hj Qonita Ungkap Unggulnya Paslon Idris-Imam

Dia pun berharap di penghujung proses ini semua pihak dapat sama-sama tetap menjaga kondusifitas.

"Kalau ada masing-masing paslon merasa ada ketidakpuasan,dapat ditempuh melalui jalur hukum yang memang sudah ada ketentuannya. Jadi ini adalah bagian dari ranah yang memang sudah diatur dan saya sangat yakin dan apresiasi kepada semua,” bebernya.

Sebagai masyarakat Depok lanjut Nana, sudah sangat cerdas berdemokrasi sehingga dapat menjaga situasi aman lancar damai dan kondusif sampai dengan tahapan Pilkada tuntas. Jikapun ada gugatan nanti akan dilayangkan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Baca juga: Ada Dugaan Politik Uang, Kubu Pradi-Afifah Laporkan Tim Idris-Imam ke Bawaslu

“Betul kan ada jalur MK jalur perselisihan hasil pemilihan kalau memang itu dianggap kurang dan ada ranahnya untuk bisa ditempuh jika ada perselisihan hasil pemilihan di mahkamah konstitusi,” imbuhnya.

Menanggapi hasil keputusan tersebut, calon Wakil Wali Kota terpilih Imam Budi Hartono mengaku bersyukur atas kemenangan di Pilkada Depok.

"Semoga kami dapat menjalankan amanah tugas ini dengan sebaik baiknya.
Dan Allah SWT berikan kemudahan dan kelancaran serta dimenangkannya pasangan Idris-Imam untuk memimpin Kota Depok, " kata Imam. (angga/win)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT