Download E-Paper

Antisipasi Cuaca Ekstrem di Jabodetabek, Kepala BNPB Siapkan Patroli Gabungan

Minggu, 01 November 2020 - 16:45
Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo. (ist)

JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo menyiapkan tim patroli gabungan hingga ke tingkat RT/RW untuk antisipasi cuaca ekstrem di wilayah Jabodetabek.

Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Cuaca seperti itu dapat memicu terjadinya bencana alam seperti banjir, banjir bandang, angin puting beliung, angin kencang dan tanah longsor.

Baca juga: Cuaca Ekstrem, Warga Diimbau Tak Kunjungi Pantai saat Long Weekend

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo meminta pemangku kebijakan wilayah Jabodetabek untuk melakukan upaya antisipasi dan langkah kesiapsiagaan.

Doni juga meminta agar pesan tersebut dapat diteruskan ke seluruh jajaran pemerintah daerah hingga tingkat RT/RW.

"infokan ke semua Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Minta mereka teruskan sampai tingkat RT dan RW,” ujar Doni.

Baca juga: BMKG: Waspada Hujan Lebat dan Ombak Tinggi Mengancam Jabodetabek-Bali

Dalam hal ini, Doni juga meminta masyarakat yang berada di wilayah bantaran sungai agar selalu meningkatkan kewaspadaan dan selalu mengikuti perkembangan informasi terkini dari pemerintah maupun instansi terkait.

Selain itu, Doni juga meminta pemangku kebijakan tiap-tiap wilayah tersebut dapat menyiapkan tim patroli gabungan, baik untuk antisipasi dan penanganan bencana juga terkait keamanan lingkungan.

"Bagi yang di bantaran sungai ikuti info. Bila meluap agar mengungsi sementara. Siapkan tim patroli gabungan, Hansip dan Pam Lokal untuk antisipasi pencurian bila rumah ditinggal sementara,” kata Doni. (johara/tha)

 

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

REKOMENDASI



IKLAN BARIS

-->