Ada 321 Titik Rawan Banjir dan Genangan di Kota Tangerang
Jumat, 23 Oktober 2020 13:55 WIB
Share
Ilustrasi hujan angin.(dok)

TANGERANG – Sedikitnya ada 321 titik rawan banjir dan genangan di Kota Tangerang yang penanggulangannya harus dioptimalkan, pada 2020.

Untuk mengantisipasi banjir, Dinas PUPR sudah menyiapkan 709 personel siaga banjir, kata  Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang, Decky Priambodo, Jumat (22/10/2020).

“Kita sudah bentuk tiga tim siaga banjir, untuk wilayah Timur, tengah dan barat untuk mengantisipasi musim hujan yang diprediksi mulai Desember,” ujarnya.

Baca juga: BMKG: Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Petir

Puncak hujan sendiri, lanjut Decky. sebenarnya jatuh pada Januari dan Februari.

“Tapi ada fenomena La Nina, curah hujan akan meningkat. Sekarang saja (Oktober) juga sudah mulai sering hujan karena MGO atau pergerakan udara basah. Makanya, harus cepat diantisipasi,” katanya.

Pihaknya telah menyiagakan tim siaga banjir terdiri dari Seksi Operasi dan Pemeliharaan Drainase (OP Drainase), Operasi dan Pemeliharaan Jalan (OP Jalan) serta Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air (OP SDA) dengan menurunkan 709 personel dan dibantu UPT Jalan dan Tata Air Wilayah Timur, Barat dan Tengah.

Baca juga: Wakil Walikota Tangerang Bagi-bagi Masker Sekaligus Imbau Masyarakat Waspada Musim Penghujan

Adapun sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan tersebut antara lain pompa banjir sejumlah 273 unit (104 pompa listrik, 8 unit pompa berjalan, 4 unit mobil pompa, 63 pompa diesel, dan 94 rumah pompa) yang disiagakan untuk skala perumahan dan skala kawasan.

Selain itu pihaknya juga  menyiapkan material banjiran yakni Sand Bag, Bronjong, dan Batu Kali.(tri)

Reporter: Tri Haryanti
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -