Pendamping PKH juga diharapkan dapat memberikan pendampingan jika ada kendala yang dihadapi oleh KPM saat pencairan di bank atau pos, dengan membawa dokumen pendukung yang diperlukan.
Kemensos juga menegaskan pentingnya penggunaan aplikasi Sigma untuk memantau dan memastikan penyaluran bantuan sosial PKH berjalan dengan lancar.
Tak hanya itu, Kemensos juga menekankan upaya untuk meningkatkan akuntabilitas dalam penyaluran bansos PKH.
Semua pihak yang terlibat dalam penyaluran diharapkan dapat memastikan bahwa bantuan digunakan dengan tepat oleh penerima yang berhak.
Kemensos juga memastikan bahwa proses verifikasi data penerima manfaat akan terus dilakukan untuk menghindari kesalahan dalam penyaluran bantuan sosial.
Selain itu, pendamping PKH di seluruh Indonesia diminta untuk melakukan pemantauan yang lebih ketat dan melakukan pengawasan terhadap setiap tahapan penyaluran bantuan sesuai dengan data yang telah terverifikasi.
Salah satu upaya penting dalam memastikan bantuan sosial tepat sasaran adalah melalui validasi data penerima manfaat.
Kementerian Sosial berencana melakukan penyesuaian dalam data penerima bansos sesuai dengan hasil verifikasi terbaru.
Bagi mereka yang sudah dinilai mampu secara ekonomi, bantuan sosial akan dihentikan dan digantikan oleh keluarga lain yang lebih membutuhkan.
Hal ini bertujuan agar program bantuan sosial lebih tepat sasaran dan dapat membantu mereka yang benar-benar membutuhkan.
Penerima manfaat yang telah sejahtera atau tidak memenuhi kriteria lagi tidak akan menerima bantuan sosial, sementara keluarga yang sebelumnya tidak terdaftar namun memenuhi syarat akan dimasukkan sebagai penerima manfaat baru.
Guna mengetahui informasi lebih lanjut mengenai status pencairan dan penerimaan sejumlah program bantuan sosial pemerintah lainnya, KPM dapat mengakses situs resmi cekbansos.kemensos.go.id ataupun aplikasi Cek Bansos Kemensos.