Informasi mengenai pencairan bantuan subsidi saldo dana bansos juga tercermin pada kartu KKS. Penerima manfaat disarankan agar melakukan pengecekan secara berkala.
3. Menggunakan Aplikasi Pendukung
Bagi pengguna ponsel Android, disarankan untuk mengunduh aplikasi seperti Tabungan Si Makmur atau BRImo guna memudahkan pemantauan status pencairan bansos.
4. Alternatif Pencairan
Diketahui, bantuan sosial dapat dicairkan melalui agen KKS, ATM, maupun buku tabungan apabila terjadi kendala seperti kerusakan atau kehilangan kartu ATM.
Salah satu kendala dalam proses pencairan adalah pembaruan data pribadi, seperti perbaikan data pada KTP atau Kartu Keluarga para penerima manfaat.
Survei lapangan (ground check) yang dilakukan oleh petugas juga dapat mengakibatkan penundaan pencairan jika data yang diperiksa tidak memenuhi syarat.
Oleh sebab itu, penerima manfaat dianjurkan untuk memastikan bahwa semua data pribadi telah diperbarui dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Apabila terdapat ketidaksesuaian data, segera hubungi pendamping atau petugas di tingkat desa/kelurahan guna mendapatkan solusi terkait penyaluran bantuan sosial.
Sebagai informasi tambahan, sejumlah penerima manfaat telah mengonfirmasi penyaluran bantuan pada periode yang berbeda, meskipun status pada aplikasi Cek Bansos masih menunjukkan periode selanjutnya.
Pemerintah mengingatkan agar setiap penerima bantuan sosial selalu melakukan pengecekan secara berkala guna memastikan bahwa bantuan yang telah disetujui benar-benar telah diterima.
Guna mengetahui informasi lebih lanjut mengenai status pencairan dan penerimaan sejumlah program bantuan sosial pemerintah lainnya, KPM dapat mengakses situs resmi cekbansos.kemensos.go.id ataupun aplikasi Cek Bansos Kemensos.
DISCLAIMER: Anda penerima bansos dalam artikel ini bukanlah seluruh pembaca poskota.co.id, melainkan masyarakat yang masuk ke dalam DTKS atau DTSEN sebagai penerima bansos dan memenuhi syarat serta kriteria sebagai penerima bantuan sosial dari pemerintah.