Semakin banyak laporan yang masuk, maka akan besar kemungkinan pelaku ditindak.
2. Hubungi Bank atau Penyedia E-Wallet
Jika transaksi Anda lakukan melalui bank atau e-wallet seperti DANA, OVO, atau lainnya, coba ajukan keluhan untuk membekukan atau melacak dana yang telah ditransfer.
Meskipun kecil kemungkinan dana bisa kembali, setidaknya langkah ini bisa mencegah aliran uang lebih lanjut ke akun scam.
3. Tuntut Pertanggungjawaban Leader atau Mentor
Jika Anda bergabung karena ajakan seseorang yang menjamin keamanan dana, tanyakan tanggung jawab mereka.
Apabila mereka tidak pernah memberi peringatan risiko, mereka harus ikut bertanggung jawab atas kerugian yang terjadi.
Kemudian, jika memungkinkan, kumpulkan bukti seperti chat atau tangkapan layar percakapan untuk memperkuat laporan Anda.
Dengan langkah-langkah di atas, setidaknya ada peluang untuk mendapatkan kembali saldo dana yang hilang atau mencegah lebih banyak korban jatuh ke dalam jebakan serupa.