CEO AdMedika Dian Prambini dan Head of Group Insurance Division Great Eastern Life Indonesia Daniel Herjun Putranto, meresmikan kerja sama AdClaim. (Sumber: Dok. Telkom)

Nasional

Optimalisasi Layanan BPJS, AdMedika dan Great Eastern Life Indonesia Luncurkan AdClaim

Rabu 05 Mar 2025, 16:19 WIB

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Asuransi swasta berperan sebagai pelengkap penting dalam memberikan perlindungan finansial yang lebih optimal bagi peserta, terutama untuk layanan kesehatan yang belum sepenuhnya ditanggung oleh BPJS.

Sejalan dengan itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah mempersiapkan regulasi terbaru terkait skema Coordination of Benefit (CoB) untuk meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan klaim antara BPJS Kesehatan dan asuransi swasta.

Meskipun skema CoB menawarkan potensi efisiensi, implementasinya masih menghadapi tantangan, seperti kompleksitas administrasi dan keterbatasan koordinasi antar pemangku kepentingan.

Untuk menjawab tantangan ini, Great Eastern Life Indonesia dan AdMedika, anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), menghadirkan solusi yang lebih terintegrasi melalui AdClaim Optimalisasi BPJS.

Baca Juga: 2 Cara Cek Status Kepesertaan BPJS Gratis di Cek Bansos dan Mobile JKN, Ini Perbedaanya

Berdasarkan data dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), pembayaran klaim asuransi kesehatan per kuartal III-2024 mencapai Rp20,91 triliun, meningkat 37,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp15,24 triliun.

Peningkatan ini disebabkan oleh beberapa faktor utama, seperti inflasi medis, yang mengacu pada kenaikan biaya pelayanan kesehatan dan jumlah pasien yang membutuhkan perawatan.

Inflasi medis ini berdampak pada meningkatnya klaim asuransi dan tekanan finansial bagi perusahaan asuransi. Di sisi lain, BPJS Kesehatan telah mencakup 276,52 juta jiwa atau 98,19 persen dari total penduduk Indonesia.

Baca Juga: Iuran BPJS Kesehatan Naik di 2026, Apakah Penerima Bantuan Iuran Masih Ditanggung?

Langkah Inovatif Industri Asuransi Kesehatan

Great Eastern Life Indonesia menjadi perusahaan asuransi pertama yang menerapkan skema program ini bersama AdMedika, menandai langkah inovatif dalam industri asuransi kesehatan di Indonesia.

Metode layanan ini menyederhanakan prosedur klaim dan menstandarisasi informasi layanan kesehatan dengan BPJS sebagai first payor, sehingga peserta dapat mengakses layanan kesehatan dengan lebih cepat dan nyaman.

Layanan AdClaim ini memberikan nilai tambah bagi klien Great Eastern Life Indonesia dengan memanfaatkan BPJS sebagai first payor.

Alhasil, selisih biaya yang tidak ditanggung BPJS akibat adanya kenaikan kelas kamar akan dibebankan kepada asuransi, sehingga peserta tidak perlu khawatir tentang biaya tambahan.

Kerja sama ini merupakan langkah inovatif AdMedika sebagai TPA & B2B Digital Health yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dalam proses administrasi, dengan tetap memperhatikan kenyamanan peserta sesuai dengan tagline AdMedika, yaitu Total Health Solution.

CEO AdMedika, Dian Prambini, mengatakan AdMedika siap mendukung dan bekerja sama untuk mewujudkan layanan kesehatan yang lebih baik, efisien, cepat, dan transparan bagi peserta.

"Kami berharap dapat menjadi salah satu pionir dalam mewujudkan himbauan dari OJK dan Kemenkes, karena kerja sama ini tidak hanya bertujuan untuk efisiensi, tetapi juga untuk kenyamanan peserta sehingga pelayanan dapat diberikan secara optimal,” kata Dian.

Sebagai perusahaan asuransi yang mengutamakan kenyamanan nasabah dengan pemanfaatan teknologi digital, Great Eastern Life Indonesia terus menghadirkan solusi perlindungan kesehatan yang lebih mudah diakses dan efisien.

Kemitraan dengan AdMedika memberikan nasabah akses ke jaringan fasilitas kesehatan yang luas serta pengalaman klaim yang lebih seamless tanpa hambatan administratif.

AdMedika telah bekerja sama dengan lebih dari 8.400 jaringan fasilitas kesehatan, baik di Indonesia maupun luar negeri, termasuk di Malaysia, Singapura, India, dan China.

Dengan lebih dari 5,3 juta anggota, AdMedika terus mengembangkan inovasi berbasis teknologi untuk memastikan pengelolaan klaim yang lebih cepat, akurat, dan transparan. Hingga saat ini, AdMedika juga telah mendukung Great Eastern Life Indonesia dalam proses kerja sama layanan GREATHealth+ dengan beberapa rumah sakit untuk memberikan solusi perlindungan kesehatan yang lebih komprehensif bagi nasabah.

Head of Group Insurance Division Great Eastern Life Indonesia, Daniel Herjun Putranto, mengatakan, teknologi memainkan peran penting dalam menghadirkan layanan kesehatan yang lebih baik bagi nasabah.

"Kemitraan dengan AdMedika memungkinkan kami untuk meningkatkan pengalaman layanan yang lebih seamless, sehingga nasabah dapat mengakses layanan kesehatan dengan lebih mudah dan nyaman,” ujarnya.

Melalui kerja sama ini, Great Eastern Life Indonesia dan AdMedika berkomitmen untuk menghadirkan inovasi layanan kesehatan yang memprioritaskan kemudahan, efisiensi, dan kenyamanan bagi nasabah. (ril)

Tags:
Layanan BPJSAdClaimGreat Eastern Life IndonesiaAdMedikaasuransi kesehatan

Tim Poskota

Reporter

Aminudin AS

Editor