Kecelakaan di Tol Cipularang. (X/@Neveralonely)

NEWS

PT Jasa Raharja Pastikan Seluruh Korban Kecelakaan Tol Cipularang Mendapatkan Perawatan Terbaik

Jumat 27 Des 2024, 17:13 WIB

POSKOTA.CO.ID - PT Jasa Raharja pastikan seluruh penumpang korban kecelakaan bus pariwisata yang mengangkut sekelompok peziarah mengalami kecelakaan di Tol Cipularang KM 80 pada Kamis dini hari, 26 Desember 2024 dirawat dengan baik.

Kini korban yang menjalani perawatan seluruhnya di Rumah Sakit Umum (RSU) Radjak Purwakarta.

“Kami dengan Pak Wamen BUMN sudah melihat seluruh korban laka tersebut dan dipastikan ditangani dengan baik,” beber Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono, Jumat 27 Desember 2024.

Dijelaskan Rivan, pada kecelakaan yang terjadi di KM 80 arah Jakarta  Kamis 26 Desember 2024 dini hari, Rivan menyebutkan bahwa terdapat dua korban yang meninggal dunia. Adapun para korban luka ringan secara bertahap sudah bisa dipulangkan dari rumah sakit pada hari ini dan besok.

Selain itu, dikatakan Rivan, terdapat satu orang dengan luka berat yang masih menjalani perawatan di unit perawatan intensif (ICU). 

Untuk itu, Rivan memastikan Jasa Raharja juga akan tetap membantu proses perpindahan pasien tersebut ke rumah sakit rujukan terdekat di kota asalnya setelah kondisi pasien stabil.

Dalam hal ini, korban meninggal dunia mendapatkan santunan masing-masing senilai Rp50 juta yang diserahkan segera setelah peristiwa kecelakaan terjadi. Sedangkan korban luka mendapatkan santunan maksimal Rp20 juta.

“Ini adalah wujud kehadiran negara, seperti yang disampaikan oleh Pak Wamen BUMN, bahwa di tengah Natal dan tahun baru ini kami semua siap untuk melayani,” paparnya.

Rivan menyebutkan tren kecelakaan maupun korban meninggal dunia pada periode Natal dan tahun baru sejauh ini menurun dibandingkan tahun lalu.

Rivan juga mengimbau para pengemudi, terutama pengemudi bus, memastikan kesiapan kendaraan dan kondisi kesehatan terlebih dahulu.

“Masih sampai dengan tahun baru nanti, tetap menjaga kondisi fisik untuk pengemudi ini. Karena kecelakaan yang terakhir kemarin terjadi karena kelelahan. Faktor kelelahan hampir mencapai 20 persen yang menjadi penyebab kecelakaan,” bebernya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (Wamen BUMN) Dony Oskaria juga memastikan bahwa pemerintah selalu berupaya untuk memberikan pelayanan publik terbaik sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman selama perjalanan mudik Natal dan tahun baru.

Ia menilai Jasa Raharja telah memberikan pelayanan terbaiknya sehingga pihak keluarga yang mengalami musibah kecelakaan dapat tertangani dengan baik.

Sebelum menjenguk korban kecelakaan di Purwakarta, Dony juga sempat mengunjungi Command Center Patroli Jalan Raya (PJR) Korlantas Polri di KM 29 Tol Jakarta-Cikampek.

Ia memastikan bahwa layanan yang diberikan pemerintah dalam pemantauan dan pengamanan mudik selalu mengalami peningkatan. Hal ini juga sejalan dengan tren kecelakaan yang menurun pada periode Natal dan tahun baru dibandingkan tahun sebelumnya.

“Jasa Raharja, Jasa Marga, bahkan juga yang lain seperti ASDP, DAMRI, Garuda, semua kita maksimalkan untuk memberikan pelayanan yang terbaik karena ini salah satu bentuk komitmen BUMN yang selalu hadir untuk seluruh masyarakat Indonesia,” kata Dony.

Dapatkan berita dan informasi menarik lainnya di Google News dan jangan lupa ikuti kanal WhatsApp Poskota agar tak ketinggalan update berita setiap hari. 

Tags:
Jasa Raharjakorban kecelakaan tol cipularangBus PariwisataKecelakaan Bus Pariwisata

Yugi Prasetyo

Reporter

Yugi Prasetyo

Editor