POSKOTA.CO.ID - Platform media sosial milik Meta, yakni Facebook kini berfungsi bukan hanya untuk saling terhubung dengan teman atau orang terdekat, tetapi dapat menjadi ladang penghasilan untuk penggunannya.
Menghasilkan uang dari Facebook, dapat dilakukan dengan membuat sebuah konten. Sebab, platform media terbesar di dunia itu memiliki fitur monetisasi.
Sejumlah konten yang dapat dimonetisasi antara lain sebuah video pendek atau panjang, teks, hingga gambar.
Fitur yang bisa diakses untuk mendistribusikan konten pun cukup beragam, satu di antaranya ialah reel. Selain itu, pengguna pun dapat mengakses berbagai macam fitur monetisasi dari konten yang telah dibuat, semisal iklan in-stream, langganan hingga konten berbayar.
Namun untuk bisa mendapatkan uang di Facebook, pengguna harus menjadi seorang kreator dengan menggunakan halaman atau akun profesional atau biasa disebut FB Pro.
4 Kategori Konten Efektif di Facebook
Berpenghasilan melalui platform media sosial, mesti menggunakan strategi. Salah satunya, membuat sebuah konten yang efektif dan relevan bagi pemirsa organik atau pengikut.
Berikut ini sejumlah konten yang mungkin dapat dibuat oleh pengguna yang menjadi kreator, dan bisa saja berhasil menarik perhatian pemirsa, yaitu:
Membuat Konten Video Menarik
Ada beberapa jenis konten video yang menarik untuk pemirsa dan bisa dicoba untuk dibuat seperti:
- Video tutorial atau tips dan trik
- Video mereview sebuah produk
- Video cerita di balik layar atau behind the scene
- Video live streaming
- Terakhir, video reels
Topik yang dibahas dalam format video tersebut dapat beragam, tergantung dari kreativitas kreator serta pemahaman seputar pengikut atau pemirsanya.
Konten Visual atau Gambar
Selain dalam bentuk video, pengguna juga dapat melakukan monetisasi konten dalam bentuk gambar atau infografis.
Beberapa jenis konten visual yang sering kali menarik perhatian pemirsa, yaitu:
- Gambar dengan kutipan inspiratif
- Inforgrafis, dan
- Foto produk dengan kualitas tinggi