Ilustrasi konten Facebook yang dimonetisasi. (Facebook)

TEKNO

4 Kategori Konten yang Dapat Dibuat Kreator agar Cepat Menghasilkan Uang dari Facebook Lewat Monetisasi

Rabu 18 Des 2024, 14:18 WIB

POSKOTA.CO.ID - Platform media sosial milik Meta, yakni Facebook kini berfungsi bukan hanya untuk saling terhubung dengan teman atau orang terdekat, tetapi dapat menjadi ladang penghasilan untuk penggunannya.

Menghasilkan uang dari Facebook, dapat dilakukan dengan membuat sebuah konten. Sebab, platform media terbesar di dunia itu memiliki fitur monetisasi.

Sejumlah konten yang dapat dimonetisasi antara lain sebuah video pendek atau panjang, teks, hingga gambar.

Fitur yang bisa diakses untuk mendistribusikan konten pun cukup beragam, satu di antaranya ialah reel. Selain itu, pengguna pun dapat mengakses berbagai macam fitur monetisasi dari konten yang telah dibuat, semisal iklan in-stream, langganan hingga konten berbayar.

Namun untuk bisa mendapatkan uang di Facebook, pengguna harus menjadi seorang kreator dengan menggunakan halaman atau akun profesional atau biasa disebut FB Pro.

4 Kategori Konten Efektif di Facebook

Berpenghasilan melalui platform media sosial, mesti menggunakan strategi. Salah satunya, membuat sebuah konten yang efektif dan relevan bagi pemirsa organik atau pengikut.

Berikut ini sejumlah konten yang mungkin dapat dibuat oleh pengguna yang menjadi kreator, dan bisa saja berhasil menarik perhatian pemirsa, yaitu:

Membuat Konten Video Menarik

Ada beberapa jenis konten video yang menarik untuk pemirsa dan bisa dicoba untuk dibuat seperti:

Topik yang dibahas dalam format video tersebut dapat beragam, tergantung dari kreativitas kreator serta pemahaman seputar pengikut atau pemirsanya.

Konten Visual atau Gambar

Selain dalam bentuk video, pengguna juga dapat melakukan monetisasi konten dalam bentuk gambar atau infografis.

Beberapa jenis konten visual yang sering kali menarik perhatian pemirsa, yaitu:

Konten Teks Menghibur

Konten visual atau audio visual banyak bertebaran di media sosial, tetapi sebuah konten teks yang relevan, menghibur dan informatif pun banyak yang menyukai.

Bila pengguna memiliki sebuah tulisan dalam blog, artikel tersebut bisa dibagikan di platform Facebook untuk mendapatkan jangkauan pembaca yang lebih luas.

Lalu,jika pengguna cakap dalam membuat sebuah cerita, kisah tersebut dapat dibagikan di akun profesionalnya, sehingga mendapatkan interaksi dari pembaca.

Kemudian dari tipe konten ini, kreator juga bisa membuat sebuah tulisan tips dan trik untuk membantu pengikut atau pemirsa.

Membuat Sebuah Konten Interaktif

Interaksi atau keterlibatan pengikut atau pemirsa yang tinggi, dapat membantu mempercepat proses monetisasi alias mendapatkan uang dari Facebook.

Untuk mencoba meningkatkan interaksi, kreator dapat membuat sebuah konten seperti polling atau kuis, giveaway, bahkan sesi tanya jawab.

Tentu saja, jika relevan dengan pengikut atau pemirsa konten ini akan mendapat banyak iteraksi.

Keterlibatan atau interaksi yang dimaksud dapat berupa like, komentar hingga bagikan.

Setelah mengetahui sejumlah kategori konten yang efektif yang dapat dibuat, kunci untuk berpenghasilan dari Facebook ialah konsistensi dan memahami audiens.

Kendati demikian, pahami terlebih dahulu audiens agar pembuatan konten menjadi tertarget ditambah konsistensi dalam mengunggah konten.

Dapatkan berita dan informasi menarik lainnya di Google News dan jangan lupa ikuti kanal WhatsApp Poskota agar tak ketinggalan update berita setiap hari.

Tags:
monetisasi kontenfacebookfb proMeta

Muhammad Dzikrillah Tauzirie

Reporter

Muhammad Dzikrillah Tauzirie

Editor