Cara Monetisasi Konten Facebook Beserta Tips untuk Kreator Pemula

Minggu 15 Des 2024, 07:55 WIB
Cara monetisasi konten Facebook. (Sumber ilustrasi: Pixabay/Simon-3)

Cara monetisasi konten Facebook. (Sumber ilustrasi: Pixabay/Simon-3)

POSKOTA.CO.ID - Monetisasi konten Facebook kini menjadi peluang besar, terutama dengan berbagai fitur yang mendukung kreator untuk berkembang.

Facebook bukan hanya platform untuk berbagi cerita dan foto, tetapi juga tempat yang menguntungkan bagi para kreator konten untuk menghasilkan uang.

Bagi Anda yang baru memulai, berikut adalah cara monetisasi konten Facebook dan tips  konten kreator pemula yang dapat Anda ikuti.

Cara Monetisasi Konten di Facebook

1. Mendaftar Program Monetisasi Facebook

Facebook menyediakan berbagai program monetisasi saat pengguna bergabung dengan Facebook Pro seperti:

  • In-Stream Ads (Iklan dalam Video): Anda bisa menampilkan iklan dalam video yang diunggah, asalkan video berdurasi minimal 3 menit.
  • Langganan Penggemar: Kreator bisa menawarkan konten eksklusif kepada pengikut yang berlangganan dengan membayar biaya bulanan.
  • Brand Collabs Manager: Fitur ini memungkinkan kreator bekerja sama dengan merek untuk promosi produk atau jasa.

Untuk mengikuti program ini, pastikan halaman Facebook Anda memenuhi syarat monetisasi, seperti:

  • Minimal memiliki 10.000 pengikut atau 600.000 menit tontonan dalam 60 hari terakhir untuk In-Stream Ads.
  • Mematuhi Kebijakan Monetisasi Mitra Facebook.

2. Gunakan Fitur Stars

Dengan Fitur Stars nantinya kreator bisa mendapat bintang dari pengikut yang dikirimkan pada postingan di feed.

Pengikut membeli bintang tersebut untuk diberikan untuk mendukung konten kreatornya. Setiap bintang yang diterima akan dikonversi menjadi pendapatan bagi kreator.

Untuk menggunakan fitur ini, sama seperti poin pertama, pengguna harus mengaktifkan dashboard profesional mereka.

3. Konten Berbayar atau Endorse

Kreator dapat membuat konten berbayar untuk mempromosikan produk mitra. Pastikan transparan dengan audiens agar tetap menjaga kepercayaan mereka.

Tips untuk Kreator Pemula

1. Fokus pada salah satu topik. Konten yang fokus pada niche tertentu lebih mudah menarik audiens yang setia.

2. Konsistensi adalah kunci sukses di media sosial. Buat jadwal unggahan rutin, misalnya 2-3 kali seminggu, agar pengikut Anda selalu terlibat.

Berita Terkait
News Update