POSKOTA.CO.ID - WhatsApp Bisnis merupakan aplikasi perpesanan yang digunakan untuk seseorang yang bergelut di bidang usaha.
Menggunakan aplikasi WhatsApp Bisnis, penggunanya dapat langsung berinteraksi dengan pelanggan secara online. Selain itu, fitur-fitur yang tersedia pun membantu untuk mengembangkan usaha.
Satu di antara fitur yang tersedia adalah membuat iklan untuk sebuah promosi dan juga berfungsi untuk meningkatkan kesadaran banyak orang pada merek milik Anda.
Dari kampanye iklan tersebut, peluang untuk mendapat konversi tinggi atau jangkauan target market baru bisa didapatkan oleh pemilik bisnis.
Hal tersebut dapat terukur, karena WhatsApp memiliki sistemnya. Namun bagaimana cara mengukur hasil kampanye iklan yang dibuat efektif atau tidak? Berikut ini tipsnya.
5 Tips Mengukur Efektivitas Iklan WhatsApp Bisnis
Pantau Wawasan percakapan di WhatsApp Manager
Pertama, setiap pengguna WhatsApp Bisnis dapat mengakses wawasan dasar tentang aktivitas perpesanan perusahaan yang dimiliki Anda.
Anda hanya perlu mendaftar ke Meta Business Manager dan memiliki akses keuangan ke akun Manajer Bisnis Anda, artinya Anda dapat melihat dan mengelola informasi keuangan secara langsung.
Cara untuk mengakses WhatsApp Manager antara lain:
- Membuka “Manajer Bisnis Meta”
- Memilih bisnis Anda
- Mengklik ikon menu (tiga garis horizontal)
- Memilih "Manajer WhatsApp"
Dalam WhatsApp Manager ini pengguna dapat melihat sebuah metrik berdasarkan:
- Pesan diterima: Jumlah pesan yang diterima perusahaan Anda dari pengguna
- Pesan terkirim: Jumlah pesan yang dikirimkan bisnis Anda kepada pengguna, termasuk pesan yang sedang dalam perjalanan, namun belum tentu terkirim
- Pesan terkirim: Jumlah pesan yang dikirim bisnis Anda yang berhasil terkirim ke pengguna
- Total percakapan: Percakapan mencakup semua pesan yang dikirim selama jendela tertentu setelah pesan awal dikirim. Jangka waktu percakapan berbeda-beda menurut titik masuknya, tetapi biasanya berdurasi 24 atau 72 jam
- Percakapan layanan: Jumlah obrolan yang dimulai oleh pengguna
- Percakapan utilitas: Template pesan yang dikirimkan bisnis Anda kepada pengguna untuk memberikan pembaruan yang disepakati, seperti saat pesanan mereka telah dikirimkan
- Percakapan autentikasi: Template pesan yang dikirimkan bisnis Anda kepada pengguna untuk mengonfirmasi identitas mereka dengan kode sandi satu kali
- Percakapan pemasaran: Template pesan yang dikirimkan bisnis Anda kepada pengguna tentang promosi atau penawaran
- Percakapan gratis: Jumlah percakapan WhatsApp gratis antara bisnis Anda dan pengguna
- Percakapan berbayar: Jumlah percakapan WhatsApp antara bisnis Anda dan pengguna yang harus Anda bayar
- Total biaya percakapan: Jumlah total yang ditagihkan kepada bisnis Anda untuk percakapan WhatsApp selama periode pelaporan tertentu
Gunakan Alat Internal atau Pihak Ketiga untuk Pencatatan dan Pelaporan Peristiwa
Anda dapat melacak hasil kampanye iklan WhatsApp serta menyiapkan alat internal atau pihak ketiga untuk mencatat peristiwa yang relevan.
Dengan menyiapkan alat analisis, Anda dapat membuat dashbord sendiri dan menyiapkan integrasi apa pun yang diperlukan untuk mengambil data, namun perhatikan bahwa prosesnya mungkin memerlukan waktu dan mungkin diperlukan bantuan teknisi data untuk pelacakan apapun yang ingin Anda buat.