POSKOTA.CO.ID - Tempat yang aman untuk menyimpan sebuah data salah satunya adalah Google Drive. Untuk itu, coba simak di bawah ini bagaimana cara mengelolanya.
Mulai dari dokumen hingga foto bisa Anda simpan di Google Drive yang tersambung dengan akun Google pribadi.
Adapun pemakaian Google Drive sendiri bisa dilakukan dalam bentuk device apapun selama itu masih milik Anda.
Mengingat data yang tersimpan di Google Drive bisa berupa dokumen penting hingga informasi lainnya, menjaga keamanannya menjadi sangat penting.
Seiring dengan meningkatnya penggunaan penyimpanan cloud, risiko keamanan siber juga semakin meningkat.
Banyak orang yang mungkin tidak menyadari betapa pentingnya melindungi data di Google Drive dari ancaman seperti peretasan, akses yang tidak sah, atau kebocoran data.
Berikut adalah beberapa langkah untuk mengelola Google Drive dengan aman.
1. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah
Salah satu cara termudah untuk meningkatkan keamanan akun Google Anda adalah dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah (Two-Factor Authentication).
Dengan fitur ini, selain memasukkan kata sandi, Anda juga akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke perangkat lain.
2. Gunakan Password yang Kuat dan Unik
Menggunakan password yang lemah dan mudah ditebak adalah risiko besar. Jangan menggunakan kata sandi yang sama untuk akun-akun penting lainnya.
Pastikan kata sandi Anda kuat dan unik dengan menggabungkan angka, huruf besar, huruf kecil, serta simbol.