POSKOTA.CO.ID - Berikut ini tahapan untuk membuat sebuah iklan yang langsung membuat tombol klik ke WhatsApp Bisnis sehingga pelanggan bisa langsung berkomunikasi dengan pemilik bisnis.
Iklan tersebut dapat dipublikasikan melalui Facebook atau Instagram dan pesan yang akan dicantumkan dapat dimoderasi oleh pemilik bisnis.
Berdasarkan keterangan WhatsApp, iklan yang diklik langsung ke WhatsApp tersebut dapat ditempatkan di Feed, Stories, serta Marketplace, di mana akan membantu mendukung tujuan bisnis dalam menghasilkan prospek, penjualan, dan pemasaran.
Keuntungan Iklan WhatsApp Bisnis
Ada tiga keuntungan yang bisa didapatkan oleh pemilik bisnis saat membuat iklan di WhatsApp Bisnis, antara lain:
-
Mengoptimalkan Pengiriman Pesan
Pemilik bisnis bisa mengirim dan menanggapi lebih banyak percakapan dengan memanfaatkan algoritma dan memungkinkan kampanye iklan yang dibuat memiliki performa lebih baik dari waktu ke waktu.
-
Mendorong Penemuan Bisnis yang Dipromosikan
Keuntungan lainnya adalah pemilik bisnis dapat memperluas kesadaran dan kehadiran target marketnya saat menampilkan iklan yang menarik.
Sehingga orang yang melihat iklan Anda terdorong untuk mengetahui lebih jauh dan menumbuhkan permintaan pada bisnis Anda.
-
Hasil Dapat Diukur
Pemilik bisnis juga dapat mengukur bagaimana performa iklan yang dibuat menggunakan alat pelacakan yang dimiliki Meta untuk mengukur hasil.
Pelacakan ini meliputi Piksel Facebook (Meta), API Konversi serta data konversi offline.
Selain itu, keuntungan lain yang didapat oleh pemilik bisnis saat membuat iklan, ialah dapat mememukan prospek pelanggan dengan penargetan iklan meta dan dibagi menjadi tiga bagian yaitu:
Jangkauan
Penargetan iklan Meta ini, meliputi:
- Geografis/lokasi
- Usia dan jenis kelamin
- Audiens khusus/mirip
Mengajak
Calon pelanggan bisa terlibat dalam berbagai format iklan yang dibuat, yaitu:
- Carousel
- Video
- Gambar
Pengembangan
Setelah produk dapat menjangkau pelanggan dan banyak pelanggan yang terlibat, pengguna dapat mengembangkan format iklannya, sebagai berikut:
- Tombol pesan/balas multi-produk
- Penjualan yang dipersonalisasi dan dipandu
- Loyalitas/promosi
Tahapan Membuat Iklan WhatsApp Bisnis
Berikut ini rincian tahapan demi tahapan untuk membuat iklan WhatsApp Bisnis dengan tombol klik secara langsung, yaitu:
- Langkah 1: Buka manajer iklan dan klik tombol buat
- Langkah 2: Pilih tujuan kampanye
- Langkah 3: Beri nama kampanye iklan Anda untuk referensi di masa mendatang, dan klik Berikutnya
- Langkah 4: Di bawah Konversi, klik untuk memilih Aplikasi Perpesanan (WhatsApp Bisnis)
- Langkah 5: Di bawah Aplikasi Perpesanan, klik untuk memilih WhatsApp Bisnis
- Langkah 6: Tetapkan tanggal mulai dan berakhir untuk iklan Anda (jalankan iklan Anda setidaknya selama tujuh hari untuk hasil terbaik), dan tetapkan anggarannya
- Langkah 7: Tentukan audiens yang ingin melihat iklan Anda. Jumlah penonton minimal 2-10 juta akan memberikan performa terbaik
- Langkah 8: Pilih format iklan, unggah gambar, dan masukkan teks untuk iklan Anda. Sesuaikan tanggapan Anda, lalu klik Publikasikan
Itulah Informasi seputar membuat iklan WhatsApp Bisnis untuk membantu mengembangkan bisnis online Anda.
Dapatkan berita dan informasi menarik lainnya di Google News dan jangan lupa ikuti kanal WhatsApp Poskota agar tak ketinggalan update berita setiap hari.